F08.3A

  • Joni Samsudin: Sudah Empat Kali Berjalan Masing-masing Dua kali untuk Kapal Dorolonda dan Sinabung
  • Biaya City Tour Rp 125 Ribu per Penumpang

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Begitu mendapat restu dan adanya himbauan dari Walikot Baubau La Ode Ahmad Monianse agar program city tour bagi penumpang kapal pelni yang singgah di Pelabuhan Murhum Baubau, pihak PT Pelni langsung melakukan action.

Kepala PT Pelni Baubau Joni Samsudin Sitorus yang sudah memimpin Kantor Cabang Pelni Baubau selama 1 tahun 8 bulan mengatakan program city tour itu sudah kami lakukan empat kali yaitu dua kali untuk penumpang kapal dorolonda dan dua kali untuk penumpang kapal sinabung.

F08.3A

Joni Samsudin mengatakan program city tour merupakan program untuk penumpang-penumpang lanjutan kapal Pelni yang transit dan ingin meluangkan waktunya melihat beberapa tempat wisata di Kota Baubau

Program ini, lanjutnya, tentu tidak bisa berjalan disemua kapal. “Jadi harus kapal-kapal dari timur kearah barat dan kapal-kapal yang mempunyai waktu sandar cukup lama minimal 2-3 jam,” ungkapnya.

Kenapa tidak untuk kapal yang berlayar dari araj Barat ke timur? Joni Samsuddin mengatakan karena dari barat ke timut biasanya kegiatan di dermaga itu cukup padat, penumpangnya juga padat dan barang-barang juga banyak.

“Waktu sandarnya lama tujuannya agar kita kita tidak terburuh-buruh membawa penumpang yang melakukan city tour. Karena penumpang yang melakukan city tour banyak yang meminta mengantar mereka ke tempat-tempat wisata yang jauh, namun terkendala mepetnya waktu,” tuturnya.

Joni Samsuddin mengungkapkan pihak mencoba membawa penumpang ke tempat wisata Batusory, “Itu perginya makan waktu pulang-pergi sekitar 90 menit. Belum lagi turun ke bawa dengan anak tangga banyak waktu terbuang di situ. Jadi kita rekomendasikan yang mudah-mudah saja. Kecuali kapal yang sandar 4 jam baru bisa kita arahkan ke tempat yang jauh,” tuturnya lagi.

Karena terkendala waktu, kata Joni Samsuddin mengusulkan pada program city tour itu menyajikan tempat-tempat wisata yang tidak jauh dan ada disekitar Pelabuhan Murhum.

“Untuk penumpang yang terakhir ini kita coba bawa penumpang ke Batu sori, Pantai Nirwana. Tapi waktunya tidak cukup. Jadi yang bisa kita bawa sementara di Masjid Agung Keraton Buton, patung naga dan ekor naga serta bingkisan ole-ole khas buton,” tuturnya, Kamis (04/11/2022) ketika ditemui di Kantornya.

baca juga: Penjelasan BPS Baubau terkait Kelompok Makanan, Minuman, Tembakau, Pakaian dan Alas Kaki yang Mengalami Inflasi

Dia pun mengungkapkan ada biaya yang dikenakan kepada penumpang yang melakukan tour city di Baubau yaitu sebesar Rp 125 ribu per orang.

“Jadi satu hari sebelum sampai di Pelabuhan Murhum Baubau pihak kapal akan memberikan informasi bagi penumpang yang ingin melakukan city tour dipersilahkan mendaftar,” tambahnya. (*)

Program City Tour Rp 125 Ribu/Perorang Sudah Bisa Keliling Tempat Wisata di Baubau, Kerjasama PT Pelni & Pemkot
https://youtu.be/B3NTgNB21zY