F04.2 Butur

Peliput : Kasrun

BURANGA, BP – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buton Utara, Ahali sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) membuka kegiatan diseminasi audit kasus stunting tingkat kabupaten Butur, di Aulah Dinkes, Selasa 7 November 2022.

Dalam sambutannya, Ahali mengungkapkan, pentingnya dibentuk tim percepatan yang melibatkan sektor maupun vertikal, karena masalah stunting ini harus diatasi dengan baik agar generasi masa depan Butur bisa menjadi generasi yang unggul.

F04.2 Butur

“Berdaya saing, dan berkualitas, hal ini pernah dijelaskan oleh kepala BKKBN Pusat, dr. Hasto Wardoyo pada pertemuan TPPS tingkat Provinsi Sultra di Hotel Claro kendari”, ungkapnya.

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, kata Ahali, perlu akselerasi dan perubahan fundamental yang dilakukan dari hulu sampai hilir. Kebijakan yang mengatur harus dilakukan mulai pra nikah, kehamilan, masa kehamilan dan masa interval sebagai upaya pencegahan.

” Perlu adanya komitmen pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota sampai Desa merupakan kunci keberhasilan dalam percepatan penurunan stunting. Serta adanya koordinasi di setiap daerah sampai tingkat desa mutlak harus dilakukan dan merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan konvergensi stunting”, tutur Ahali.

Lanjut Ahali, mengatakan, audit kasus stunting bertujuan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa. Audit kasus stunting dilakukan melalui empat kegiatan yaitu mulai pembentukan tim audit, pelaksanaan audit kasus stunting dan manajemen pendampingan keluarga, diseminasi dan tindak lanjut.

Dia juga berharap kepada para camat dan Kepala Puskesmas se-kabupaten;Buton Utara agar masalah stunting menjadi perhatian yang serius mulai dari pemerintah kecamatan khususnya dan Kabupaten Buton Utara pada umumnya.

“Saya pikir perlu kiranya terus melakukan evaluasi terhadap intervensi yang telah dilakukan pada balita yang menjadi sasaran. Sekaligus, menentukan langkah-langkah strategis untuk menindaklanjuti permasalahan yang mungkin terjadi dilapangan, disinilah yang diharapkan upaya serius bersama tim Percepatan Penurunan Stunting kabupaten Butur, “

baca juga: Warga Butur Perbaiki Jalan Rusak Secara Swadaya

Sebelum mengakhiri sambutannya Ahali, selaku Ketua TPPS Buton Utara mengucapkan terimakasih kepada semua, OPD yang terkait Stunting, para tim pakar, seluruh tenaga kesehatan, kader KB dan tim yang bergerak menangani stunting hingga saat ini.

“Teruslah jalin kekompakan dan kolaborasi demi terwujudnya tujuan kita bersama, ” tutup Ahali.(*)