F04.1 Wabup Butur Ahali membuka pelatiham Teknis Pariwisata DasarWabup Butur Ahali membuka pelatiham Teknis Pariwisata Dasar

Peliput : Kasrun

BURANGA, BP – Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Ahali membuka pembekalan pelatihan teknis pariwisata dasar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Bali, di Aula Bappeda, Rabu (9/11/2022).

Dalam sambutannya Ahali mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih ASN di Kabupaten Butur agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dasar yang diharapkan dalam melaksanakan kebijakan dan melayani stakeholder di bidang kepariwisataan.

F04.1 Wabup Butur Ahali membuka pelatiham Teknis Pariwisata Dasar
Wabup Butur Ahali membuka pelatiham Teknis Pariwisata Dasar

Pelatihan dasar di bidang pariwisata ini kata Ahali, merupakan pelatihan yang sangat penting sebagai bentuk penyegaran dan peningkatan keterampilan dan wawasan bidang pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

“Sebagaimana kita ketahui, adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan pembatasan aktivitas masyarakat sehingga perekonomian daerah juga ikut menurun,” ujarnya.

Lanjut Ahali, mengatakan, sebagai upaya peningkatan ekonomi, sektor pariwisata menjadi harapan besar penggerak ekonomi masyarakat. Dengan mengandalkan keindahan alam, Kabupaten Butur memiliki bentang alam dan budaya yang sangat variatif untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam berupa pantai, bukit, gua, sumber mata air, mangrove, hutan hujan tropis dan air terjun.

“Selain wisata alam, ada juga wisata budaya berupa benteng dan aktivitas budaya lainnya,” tambahnya.

Sehingga melalui kegiatan ini, Ahali berharap, dapat menciptakan ASN yang handal dalam sektor pariwisata, karena ASN adalah perumus kebijakan.

baca juga:

“Oleh karena itu ASN harus mampu mengimbangi kemajuan dan perkembagan zaman dan mampu menjadi agen perubahan dengan menerapkan 3 C, yaitu credibility, confident and calibration yang menunjukkan kemampuan standar regional bahkan global,” katanya.

Berikut rombongan Politeknik Pariwsata Bali yang memberikan pelatihan dasar pada ASN di Butur, yakni.

  1. Adhi Astawan sebagai Koordinator
  2. Ayu Ariasih
  3. Bangkit
  4. Hanugrah
  5. Erik
  6. Widuri
  7. Sunu Muliawan
  8. Purwadana
    9. Putra Dalem