F01.2 Dandim 1413 Buton Letkol Arm Muhamad FaozanDandim 1413 Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan

Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Melalui Karya Bakti, yang masuk dalam tugas pokok TNI AD, untuk membantu dan mengatasi rakyat, Kodim 1413 Buton berencana akan meningkatkan ketahan pangan di Kabupaten Buton dan Bombana yang masuk dalam wilayahnya.

F01.2 Dandim 1413 Buton Letkol Arm Muhamad Faozan
Dandim 1413 Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan

Hal tersebut, melihat menyingkronkan dengan pemerintah, dimana saat ini untuk pengatasi stunting hingga ketahanan pangan. Sehingga, Kodim 1413 Buton akan meningkatkan sumber pangan yang ada diwilayah masing-masing,

Dandim 1413 Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan saat dikonfirmasi mengatakan, melihat dari kondisi wilayah relatif masih banyak lahan tidur atau lahan yang tidak digunakan. Kemudian pihakmya juga, sudah melakukan kooordinasi awal demgan pemerimtah daerah, yang juga akan menjadi nilai manfaat untuk pemerintah daerah.

Lanjutnya, untuk di Kabupaten Buton, yang telah menghibahkan lahan, namun belum bisa dimanaafkan untuk satuan. Salah satunya lahan di Kecamatan Siontapina dengan luas 50 hektar, maka rencanya akan digarap akan digarao untuk ketahanan pangan dan hal itu juga masih dalam proses penyususun

“Kalau kita membuka lahan dan menanam bahan makanan yang menjadi bahan kosumsi kita, contohnya dengan lahan seluas 50 hektar yang ditanam seperti jagung, maka nilai manfaanya bisa diambil juga oleh pemerintah,” jelasnya.

Kemudian, untuk di Kabupaten Bombana Kodim 1413 Buron akan menggarap seluas 20 hektar untuk ketahanan pangan. Sementara Kabupaten Buto Selatan, pihaknya akan memulai program karya bakti tersebut palinga cepat pada Desember 2022 mendatang dan paling lambat Januari 2023.

“Sementara untuk Kabupaten Buton Tengah dan Kota Baubau belum ke arah sana, namun kita harapkan, bisa bersama-sama untuk mengatasi ketahanan pangan kedepan,” tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinas kembali dengan pemerintah Kabupaten Buton dan Kabupaten Bombana, khususnya di Dinas Ketahanan Pangan masing-masing, dari lahan yang sudah disiapkan, apa saja yang bisa untuk ditanam.

baca juga: Sukseskan Pemilu, Bawaslu Kota Baubau Ikuti Rakor Kelembagaan

“Kita akan kembali berkoodinasi dengan Dinas terkait, apa yang bisa ditanam dan juga harus melibatkan masyarakat, dengan harapan kesejateraan masyrakat di daerah juga meningkat,” tutupnya.(*)