F01.3 Kepsek SMAN 1 Baubau Muh RadiKepsek SMAN 1 Baubau Muh Radi

Pewarta: Amat Jr

BAUBAU,BP- Siswa SMAN 1 Baubau Zakwan Ahmad, kelas XII IPA 8 berhasil mengharumkan nama sekolahnya dengan menjadi juara dua dalam Lomba Onlimpiade Orbit Nasional Piala Hasri Ainun Habibie 2023.

F01.3 Kepsek SMAN 1 Baubau Muh Radi
Kepsek SMAN 1 Baubau Muh Radi

Ketua Program Kelas Olimpiade SMAN 1 Baubau Dahlan SPd dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/2/2023), mengatakan dia sangat bersyukur anak didiknya berhasil meraih prestasi dalam ajang Orbit Onlimpiade Piala Hasri Ainun Habibie 2023 tersebut.

Hal yang lebih membanggakan lagi, lanjutnya, karena ini adalah keikutsertaan pertama sang siswa dan langsung bisa meraih juara dua dibabak penyisihan sekaligus mewakili Sultra ke tingkat selanjutnya.

“Alhamdulillah, dalam onlimpiade ini kita baru pertama kali ikut dan berhasil meraih juara 2,” katanya singkat.

Pada lomba itu, Kata Dahlan, ajang mata pelajaran yang diujikan meliputi IPA, matematika, IPS, bahasa Indonesia, dan bahasa inggris. Siswa bernama Zakwan Ahmad, kelas XII IPA 8 merasa bangga bisa memperoleh juara dalam ajang ini. Karena dalam lomba ini butuh persiapan yang matang karena yang dilombakan lebih dari satu bidang studi.

Dahlan menjelaskan Orbit Onlimpiade Piala Hasri Ainun Habibie 2023 merupakan ajang kompetisi mata pelajaran antar sekolah se-Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara online. Orbit Onlimpiade sebelumnya bernama Olimpiade Online Nasional, merupakan kompetisi online pertama yang diselenggarakan sejak tahun 2013.

“Orbit Onlimpiade 2023 bertujuan untuk mendorong pemanfaatan media digital secara positif dan produktif, membangun budaya kompetisi sehat, serta menginspirasi seluruh pihak dalam mengoptimalkan media digital untuk meningkatkan kualitas
pendidikan di Indonesia,” lanjutnya.

Orbit Onlimpiade 2023, jelas Dahlan, dibagi dalam empat kategori tingkat sekolah, yaitu SD, SMP, dan SMA IPA/IPS sederajat. Rangkaian kegiatan Orbit Onlimpiade 2023 meliputi babak penyisihan yang dilangsungkan pada Februari 2023.

baca juga: Profil Kepsek SDN 1 Laompo Busel Rosdiana SPd, Mengelola Sekolah Seperti Mengelola Rumah Tangga

“Kita patut bersyukur, karena pada masa transisi pemulihan pembelajaran ini anak-anak masih bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi SMAN 1 Baubau,” pungkas guru Matematika SMAN 1 Baubau itu.(*)