Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau Kerjasama dengan Kominfo Tangkal Isu SARA dan Berita Hoax di MedsosKetua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau Kerjasama dengan Kominfo Tangkal Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos

BAUBAU, BP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau untuk menangkal penyeberan isu SARA dan berita-berita hoax di Media Sosial (Medsos) pada masa kampanye Pemilu tahun 2024. “Bawaslu Baubau Kerjasama dengan Kominfo Tangkal Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos.”

Ketua Bawaslu Kota Baubau Sarmin mengungkapkan, pihaknya menginisiasi bekerjasama dalam bentuk MoU dengan Dinas Kominfo Kota Baubau, dalam rangka evektifitas pengawasan aktivitas publik di medsos yang berhubungan dengan kampanye.

Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau Kerjasama dengan Kominfo Tangkal Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos
Ketua Bawaslu Baubau Sarmin (Tengah) saat membawakan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan anggota DPR, Bawaslu Baubau Kerjasama dengan Kominfo Tangkal Isu SARA dan Berita Hoax di Medsos

“Adapun pengawasan kami yaitu, terkait dengan potensi Isu SARA dan berita Hoax di Medsos,” jelasnya

Lanjutnya, melalui dengan kerjasama dengan Dinas Kominfi Kota Baubau, pihaknya merumuskan untuk bersama-sama melakulan pengawasan dan aktivitas di Medsos khususnya di Kota Baubau guna mencegah adanya kampanye yang menggunakan isu SARA dan berita Hoax

baca juga:

“Jadi bentuk penindakan Bawaslu terkait kampanye bermuatan Isu SARA dan Hoax dengan menurunkannya dari medos (take down) agar berita tersebut tidak tersebar,” tuturnya.

Dengan pencegahan tersebut, Bawaslu Baubau berharap, menjadi bagian dari komitmen bersama antar-stakeholder sehingga pemilu dapat terselenggara dengan baik di Kota Baubau.(*)

Berita Lainnya:
BAUBAU, BP – Polres Baubau menggelar deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) damai tahun 2024 di Pantai Kamali, Kota Baubau, Kamis (12/10/2023). Hal ini dilakukan guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Baubau menjelang dan sesudah pemilihan umum. “Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Apresiasi Polres Baubau Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.”

Pada kesempatan itu, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi mengatakan deklarasi pemilu damai 2024 ini dapat melahirkan hal-hal yang positif, bermanfaat bagi bangsa Indonesia, sehingga dapat menciptakan stabilitas nasional dan daerah khususnya pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 di wilayah Kota Baubau dan Kabupaten Buton selatan.

Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Apresiasi Polres Baubau Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024
Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Apresiasi Polres Baubau Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

“Perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa berseberangan, yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu.” katanya.

UCAPAN SELAMAT

Olehnya itu, orang nomor satu di Polres Baubau ini berharap kepada pihak yang terlibat agar berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas, dan tidak memihak dalam penyelenggaraan Pemilu serta mampu menentukan langkah – langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada, dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin.

“Agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, tentunya langkah ini menuntut kepedulian dan kerjasama secara menyeluruh dengan semua pihak, agar tindakan yang dilakukan dapat berjalan optimal.” katanya.

Penanganan terhadap konflik sosial, kata dia, langkah kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah yang tepat, baik bersifat promotif, preventif dan penegakan hukum harus dirancang dengan baik dan diimplementasikan dengan sungguh – sungguh.

Menurutnya, kerjasama antara penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu dan pihak keamanan dengan masyarakat, sangat membantu dalam menciptakan stabilitas nasional dan daerah, khususnya pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024.

“Saya berharap untuk kedepannya agar para peserta yang hadir saat ini lebih meningkatkan dan tidak bosan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” katanya.

Ia juga berharap kepada pemangku kepentingan agar menyampaikan kepada satuan dibawahnya untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024 di wilayah Sulawesi Tenggara serta memberikan wawasan, pendidikan politik sehingga menjadi
pemilih yang cerdas.

“Mengantisipasi setiap langkah dan upaya yang dilakukan oleh kelompok – kelompok tertentu. Tidak mudah terpengaruh, apalagi dengan permainan isu sara. Tidak kalah pentingnya bahwa pemilih cerdas tidak boleh berhenti setelah memberikan hak suara. Sebaliknya, pemimpin yang telah terpilih perlu didukung sekaligus diberikan kritik yang sifatnya membangun.” katanya.

Sebagai garda depan, menurutnya, Polri bekerjasama dengan TNI dalam menjaga keamanan dan terus membangun diri sehingga dapat meningkatkan kualitas dan etos mengemban tugas dengan baik.

“Semoga pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polres Baubau dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan tercapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.” katanya.

Semantara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau Laode Supardi mengapresiasi Polres Baubau yang telah menginisiasi, melaksanakan kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024. Pemilu serentak dan Pilkada serentak tahun 2024 untuk pertama kali akan dilaksanakan serentak.

“Tentu dalam penyelenggaraan Pemilu ini dimana tidak hanya menguras tenaga tetapi juga dibutuhkan jaminan keamanan agar terselenggara Pemilu damai sesuai dengan azas-azas Pemilu.” katanya.

Untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif, kata dia, tidak hanya dibutuhkan pihak kepolisian tetapi dibutuhkan kolaborasi oleh semua, sinergitas dengan aktualisasi nyata, implementasi nyata dalam pelaksanaanya.

“Bahwa KPU di dalam berkomitmen dalam menjaga Pemilu damai, kondusif dan lancar tetap berpegang teguh pada integritas dan profesionalitas.” katanya.

Disisi lain, pihaknya optimis bahwa Bawaslu juga akan melaksanakan tugasnya dalam mengawal Pemilu agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, karena prinsip damai juga akan berjalan ketika pemerintah dan seluruh ASN dapat menjaga netralitas serta tidak melakukan keberpihakan kepada salah satu peserta Pemilu.

Ia juga mengakui bahwa kampanye tidak hanya menyampaikan visi, misi dan program, tetapi di dalamnya para caleg-caleg memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

“Saat ini sudah banyak alat peraga sosialisasi yang menyerupai alat peraga kampanye yang tersebar di sudut-sudut Kota Baubau tentu ini menjadi perhatian kita semua untuk mengawali deklarasi damai tersebut agar kiranya apa yang kita himbau, apa yang Bawaslu himbau agar ditindaklanjuti oleh partai politik untuk memastikan alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.” katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi mengapresiasi Polres Baubau yang menginisiasi deklarasi damai Pemilu 2024 serta penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, karena merupakan media yang sangat baik.

“Narasi damai, sesunguhnya memiliki makna meluas, kalau dulu dikenal kata damai itu karena ada pertentangan, permasalahan, kemudian orang menyelesaikan suatu permasalahan kemudian berdamai.” katanya.

Sekarang, lanjut dia, kata damai itu bukan karena ada permusuhan, tetapi kita sudah dapat mengidentifikasi atau tindakan preventif, bahwa akan ada perbedaan dan yang akan menjadi cikal bakal dari hal-hal yang mungkin tidak kita inginkan, sehingga narasi kata damai sekali lagi tidak mempunyai makna meluas dan kita lakukan di depan untuk bersepakat dan berdamai.

“Jadi sekali lagi penegasan bahwa jangan karena ada perbedaan dan pertentangan, telah terjadi baru kita bicara damai. Damai harus kita lakukan di depan untuk bersepakat menjalankan tugas, kewajiban dan hak masing-masing.” katanya.

baca juga:

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Bawaslu Kota Baubau Sarmin, S.Pd membacakan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, pertama berkomitemen menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI dengan tidak melakukan Politisasi sara.

Kedua, mewujudkan Pemilu sebagai sarana integritas bangsa dan menolak segala bentuk pelanggaran dengan alasan apapun. Ketiga, melaksanan pemilu tahun 2024 yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil dan Saling menghargai dan menghormati hak serta perbedaan masing-masing peserta pemilu tahun 2024.

Kemudian, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penyelenggara Pemilu dan Peserta Pemilu membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan Pemilu Damai tahun 2024.

Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 tersebut dihadiri oleh Pj. Walikota Baubau, Ketua DPRD Kota Baubau, Ketua Pengadilan Negeri Baubau, Kepala Kejaksaan Negeri Baubau, Dandim 1413 Buton, Ketua Pengadilan Agama Kota Baubau, Komandan Subdenpom XIV/3-2 Baubau, Danpos TNI-AL Baubau, Ketua KPU Kota Baubau, Ketua Bawaslu Kota Baubau, Ketua FKUB Kota Baubau, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Baubau, Kepala Badan Kesbangpol Kota Baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Ketua KPU Kabupaten Buton Selatan, Ketua Bawaslu Babupaten Buton Selatan, Pimpinan Partai Politik Kota Baubau, para PJU Polres Baubau dan para Kapolsek jajaran Polres Baubau. (*)