cover, e-Paper Koran Baubau Post Edisi 19 Januari 2024cover, e-Paper Koran Baubau Post Edisi 19 Januari 2024

e-Paper Koran Baubau Post Edisi 19 Januari 2024

Download e-Paper Koran Baubau Post Edisi 19 Januari 2024 Versi PDF
Baca e-Paper Koran Baubau Post Edisi 19 Januari 2024

01 7 rotated 02 7 rotated 03 7 rotated 04 7 rotated 05 7 rotated 06 7 rotated 07 7 rotated 08 7 rotated

Baca juga:
Berita Lainnya:
KENDARI, BP-Monitoring dan evaluasi terhadap 17 PPID utama Kabupaten/Kota se-Sultra sebagai badan publik oleh Komisi Informasi (KI) Sultra, menempatkan Kota Baubau di posisi ke-3. “Baubau Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Keterbukaan Informasi Publik se Sultra.”
 

Pengumuman itu disampaikan dalam malam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan Komisi Informasi Sultra di Kendari Senin malam (11/12/2023).

Baubau Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Keterbukaan Informasi Publik se Sultra
Baubau Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Keterbukaan Informasi Publik se Sultra

Kadis Kominfo Kota Baubau H Andi Hamzah Machmud, S.Sos, M.Si mewakili Pj Walikota Baubau usai menerima penghargaan merasa bersyukur atas prestasi yang dicapai PPID utama Kota Baubau pada malam penganugerahan Keterbukaan informasi publik.

Diharapkan dengan apresiasi ini memotivasi untuk semakin maju dan terbuka dalam memberikan informasi publik.

Semakin transparan dan akuntabel dalam mberikan pelayanan dan keterbukaan publik lebih khusus kepada PPID pelaksana sebagai ujung tombak OPD Pemkot Baubau Tentu ke depan akan dilakukan monev ke seluruh PPID pelaksana guna berkolaborasi menjadikan Kota Baubau sebagai kota yang transfaran dan akuntabel dalam pemberikan pelayanan kepada masyarakat.

baca juga:

Malam penganugerahan Keterbukaan informasi publik dibuka Sekda Provinsi Sultra Dr Asrun Lio, M.Hum mewakili Pj Gubernur Sultra. Turut dihadiri wakil ketua komisi Informasi RI, perwakilan bupati/Wali Kota se Sultra, PPID utama se Sultra.(*)

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP-Bergerak cepat merespon masalah, Ditegaskan Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi kepada jajaran Dinas Pertanian Kota Baubau saat mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Betoambari, Jumat (3/11/2023) bersama Pj Sekda Kota Baubau Saido Bonsai, Kadis Pertanian Muh Rais didampingi seluruh jajaran penyuluh se-Kota Baubau. “Gerak Cepat Merespon Masalah Inflasi, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Mengecek Hasil Pertanian dan Berdialog Dengan Petani.

 

Dr Rasman mengecek langsung hasil pertanian dan memberikan arahan mengenai upaya memerangi inflasi di Kota Baubau.

Gerak Cepat Merespon Masalah Inflasi, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Mengecek Hasil Pertanian dan Berdialog Dengan Petani
Gerak Cepat Merespon Masalah Inflasi, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Mengecek Hasil Pertanian dan Berdialog Dengan Petani
 

“Bicara inflasi itu hanya 2 (dua) hal yaitu pertanian dan perikanan. Passion harus diciptakan dan kekuatan kita itu terletak pada orang yang paling lemah, ajak dia menjadi kekuatan kita. Percuma kita punya orang banyak, tapi yang fokus hanya beberapa orang,” tegas Dr Rasman.

baca juga:

Dalam sesi diskusi dengan para penyuluh, Pj Wali Kota Baubau menegaskan secara umum insan pertanian harus adaptif menggunakan teknologi termasuk mengurangi interaksi langsung. Ditegaskan, pertanian harus memiliki konsep dan ukuran untuk menyelesaikan masalah dalam jangka waktu 1-2 tahun ke depan.(*)

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP-Kota Baubau kebagian bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau bedah rumah yang berasal dari dari APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra tahun anggaran 2023 sebanyak 50 Rumah dengan nilai bantuan Rp 50 juta /unit. “Amalia Abibu ungkap Baubau Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 50 Buah Bernilai Rp 50 juta per Unit Bersumber dari APBD Provinsi Sultra Tahun 2023.”Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Baubau Dra Hj Siti Amalia Abibu, M.Si dalam releasnya, Senin (30/10/2023). 
Amalia Abibu: Baubau Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 50 Buah Bernilai Rp 50 juta per Unit Bersumber dari APBD Provinsi Sultra Tahun 2023
Amalia Abibu ungkap Baubau Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 50 Buah Bernilai Rp 50 juta per Unit Bersumber dari APBD Provinsi Sultra Tahun 2023

Menurut Amalia Abibu, berdasarkan hasil rapat para Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Se Provinsi Sultra beberapa waktu lalu melalui program Gubernur Provinsi Sultra ternyata ada 14 Kab / Kota yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah yang salah satunya adalah Kota Baubau .

 

Sedangkan untuk bantuan tersebut berdasarkan SK kumuh masing-masing Kab/ Kota yang ditetapkan oleh Kepala Daerah masuk dalam kewenangan Propinsi di bawah 10 HA .

Dikatakan, untuk Kota Baubau akan difokuskan pada empat kelurahan yakni Kelurahan Bataraguru, Kelurahan Tomba, Kelurahan Nganganaumala dan Kelurahan Wajo yg saat ini datanya sementara di verifikasi dan divalidasi oleh pihak Pemerintah Kelurahan dalam hal ini Lurah yang akan menetapkan keluarga sasaran berdasarkan kriteria rumah tidak layak huni dari segi kualitas fisik bangunan atap , lantai , dinding yang tidak layak dan fasilitas fisik yakni sanitasi, air bersih dan jamban keluarga ,luas lantai rumah .

baca juga:

Lebih lanjut dijelaskan, program bantuan RTLH sudah disampaikan ke Bappeda Kota Baubau untuk dikolaborasikan dengan program kemiskinan ekstrim Kota Baubau sehingga angka penurunan kemiskinan Kota Baubau dari sisi kebutuhan perumahan dapat dicapai.(*)