Mengenal Balon Bupati Busel Ir La Ode Budi, Berikut Visi Misinya Agar Buton Selatan Maju di Segala BidangMengenal Balon Bupati Busel Ir La Ode Budi, Berikut Visi Misinya Agar Buton Selatan Maju di Segala Bidang

NAMA Ir La ode Budi tidak asing lagi bagi warga Buton Selatan. Sebab dalam 5 tahun terakhir, La Ode Budi sering aktif  di platfom media sosial dan beberapa media lokal mendedikasikan dirinya sebagai putra Buton Selatan yang akan siap memimpin Bumi Gajah Mada pasca Bupati La Ode Arusani.“Mengenal Balon Bupati Busel Ir La Ode Budi, Berikut Visi Misinya Agar Buton Selatan Maju di Segala Bidang.”

Ir La Ode Budi lahir di, Desa Majapahit, Batauga pada tahun 1964. Pria berkacamata ini lahir dari pasangan dari La Ode M Sahihu yang merupakan camat Distrik Batauga dan Wa Ode Aliyah dari Desa Bola Batauga. Sementara kakeknya La Ode Asimoe dikenal sebagai Lakina Wawoangi dari Laguali.

Mengenal Balon Bupati Busel Ir La Ode Budi, Berikut Visi Misinya Agar Buton Selatan Maju di Segala Bidang
Mengenal Balon Bupati Busel Ir La Ode Budi, Berikut Visi Misinya Agar Buton Selatan Maju di Segala Bidang

La Ode Budi memang serius maju di Pilkada Busel tahun 2024. Tentu saja keputusannya yang paripurna itu ditopang dengan pengalaman dan rasa percaya diri karena memiliki visi dan segudang misi untuk membangun Buton Selatan dan mensejahterakan masyarakat.

baca juga:

Alumni sarjana statistika IPB Bogor itu pun memiliki visi ‘Kabupaten Buton Selatan Beradab, Sejahtera, dan Berprestasi. La Ode Budi pun mengurai makna dari masing-masing kata dalam visinya yaitu

  • BERADAB artinya mengamalkan sifat – sifat jujur (bisa dipercaya), berbudi pekerti, melayani dan dapat diandalkan (kompeten).
  • SEJAHTERA artinya masyarakat bisa mendapatkan pendapatan yang memadai bagi keluarga atas usaha atau pekerjaan yang mereka kerjakan.
  • BERPRESTASI artinya menjalankan ilmu pengetahuan dalam segala sandi kehidupan, sehingga unggul di bidang pelayanan pemerintah, pengurangan kemiskinan, inovasi daerah, produk khas daerah, pendidikan, olah raga dan seni budaya

“Visi ini bukan mengada-ngada tapi ini memang lahir dari kondisi masyarakat Busel yang hari ini butuh disejajterakan,” tutur pria yang pernah bekerja di stasiun televisi RCTI selama 7 tahun di Departemen Pengembangan bisnis hingga tahun 1998.

Untuk mencapai visi itu, lanjut La Ode Budi, maka ada sejumlah misi yang harus diejawantahkan yaitu

  • Membangun BIROKRASI MELAYANI. ASN bekerja sistematis dan satu padu menghadirkan pelayanan yang inovatif kepada masyarakat.
  • Pembangunan difokuskan pada Menggerakan EKONOMI RAKYAT, melalui intervensi profesional terhadap usaha rakyat (Perikanan, Pariwisata dan Pertanian berbasis Pengolahan)
  • Membangun PENDIDIKAN bermutu untuk memudahkan para pelajar Buton Selatan melanjutkan pendidikan tinggi di Jawa, Makasar atau Kendari.
  • Mendukung dengan INFRASTUKTUR, kebijakan dan peraturan daerah untuk percepatan ekonomi daerah.
  • Membangun pelatihan – pelatihan untuk membekali para PEMUDA di Buton Selatan untuk produktif bekerja (profesional) atau berwirausaha.
  • Melibatkan para TOKOH ADAT, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk membangun budaya ‘Saraa Pataanguna’ Buton Selatan.
  • Membangun EKONOMI DAERAH yang terpusat pada ekonomi rakyat dan PENDIDIKAN bermutu melalui implementasi BIROKRASI Pemda yang melayani.
  • Pendiri Sekolah penggerak Kemendikbu dari tingkat TK, SD, SMP Islam Permati Hati itu pun menggagas Panduan nilai ASN Busel yaitu proaktif melayani, partisipatif, adil, dan unggul.

Sebagai Bakal Calon Bupati Buton Selatan, Ir La Ode Budi juga sudah menyusun rencana strategis (renstra) agar Busel maju disegala bidang. Renstra yang dimaksud yaitu

  1. ASN Pemda melaksanakan budaya perencanaan strategis, terbuka, responsif/solutif dan melayani terhadap masyarakat.
    Pemanfaatkan APBD yang fokus (berdampak sosial, ekonomis) bagi perbaikan kehidupan masyarakat.
  2. Melakukan koordinasi terbaik dengan DPRD, sehingga kebutuhan Perda dan persetujuan APBD mudah didapat.
    Mengintegrasikan perencanaan Pemda/APBD, Perusda, Desa/DD dan Bumdes sehingga memiliki dampak ganda terhadap pembangunan daerah.
  3. Mengkomunikasikan rencana pengembangan ekonomi daerah kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi, untuk mendapatkan dukungan (program atau infrastruktur).
  4. Melakukan pendataan terhadap usaha – usaha pada tingkatan keluarga, dan potensi unik tiap daerah untuk dapat dikembangkan lagi.
  5. Melaksanakan kegiatan pengembangan pribadi untuk para Pemudan yang terelasi dengan rencana daerah atau pasar kerja di luar daerah.
  6. Mendapatkan dukungan eksternal (perguruan tinggi negeri dan beasiswa) agar lulusan dari sekolah menengah di Buton Selatan dapat berlanjut pendidikan tinggi negeri (PTN) di Jawa, Makasar atau Kendari.
  7. Mensosialisasikan program – program Pemda kepada masyyarakat sehingga terpahami arah pembangunan, dan terbangkit partisipasi dari rakyat.
  8. Bupati dan Wakil Bupati (Pemda) membuka saluran aspirasi dari tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sehingga kerja pemda bukannya mengobati keadaan tapi pro-aktif membangun daerah.
  9. Mendukung UMKM yang sudah ada (pedagang) untuk dapat berkembang lagi, melalui mutu produk, tampilan, dan keuangan (sehingga bankable).
  10. Memberikan pelayanan kesehatan bagi rakyat yang sakit (dari faskes tingkat 1, hingga rujukan ke rumah sakit).
    Mensosialisasikan gaya hidup sehat (makanan sehat, olah raga, tidak minum alkohol dan mental).
  11. Pencegahan stunting, sejak usia remaja (SLTA) bagi para remaja puteri, masa kehamilan, anak balita.
  12. Menggerakkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat untuk berperan membangun budaya masyarakat yang positif (berorientasi kemajuan dan saling mendukung).(*)

Baca Berita lainnya:

BUSEL, BP- KPU Kabupaten Buton Selatan tengah mempersiapkan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Busel setelah melalui proses penyusunan dan pencermatan Calon Daftar Sementara (DCS). “KPU Busel Akan Tetapkan DCT yang telah Memenuhi Syarat dari 321 DCS Tanggal 3 November 2023, Ketua KPU Busel Hastun: Pemilu 2024 Busel Perebutkan 25 Kursi DPRD.”

Ketua KPU Busel Hastun SPd MH mengatakan pihaknya telah melaksanakan proses tahapan pencalonan anggota DPRD Busel. “Pengajuan Pencalonan DPRD Busel dari tanggal 1-14 Mei 2023. Pada masa ini KPU Busel telah melakukan verifikasi administrasi lalu ditetapkan DCS pada tanggal 18 Agustus 2023,” kata Hastun, Senin (23/10/2023) ketika diwawancara Baubau Post via Whatssappnya.

Ketua KPU Busel Hasrul SPd MH (keempat dari kiri-red) ketika menghadiri kegiatan latihan Sispamkota pengamanan Pemilu 2024 oleh Polres Buton, KPU Busel Akan Tetapkan DCT yang telah Memenuhi Syarat dari 321 DCS Tanggal 3 November 2023, Ketu KPU Busel Hastun: Pemilu 2024 Busel Perebutkan 25 Kursi DPRD
Ketua KPU Busel Hasrul SPd MH (keempat dari kiri-red) ketika menghadiri kegiatan latihan Sispamkota pengamanan Pemilu 2024 oleh Polres Buton, KPU Busel Akan Tetapkan DCT yang telah Memenuhi Syarat dari 321 DCS Tanggal 3 November 2023, Ketu KPU Busel Hastun: Pemilu 2024 Busel Perebutkan 25 Kursi DPRD

Sampai berita ini dirilis, kata Hastun, KPU Busel sedang fokus melakukan Penyususnan untuk kemudian tahap selanjutnya akan melakukan penetapan DCT yang terjadwal pada 03 November 2023.

“Kami akan menetapkan DCT dari empat Daerah Pemilihan (Dapil). Sebelumnya dari DCS berjumlah 321 calon. Namun karena ada yang berhalangan tetap atau sudah TMS, maka DCT akan berkurang dari jumlah sebelumnya. DCT akan diumunkan pada tanggal 4 November 2023 melalui media,” jelasnya.

Lebih lanjut Hastun mengungkapkan satu orang calon yang berhalangan tetap tersebut karena meninggal dunia.

“Untuk kasus seperti ini karena sudah masuk dalam tahap Penyusunan dan penetapan DCT maka tidak bisa lagi Partai melakukan pergantian calon kecuali masih dalam masa pengajuan calon pengganti. Karena yang muncul nama-nama calon dikertas suara nantinya sesuai dengan yang ditetapkan dalam DCT,” jelasnya.

Hastun pun mengurai untuk jumlah kursi di DPRD Busel yang akan diperebutkan pada Pemilu 2024 berjumlah 25 kursi. Hal ini ada perbedaan dengan Pemilu 2019 yang berjumlah 20 kursi. Hastun mengatakan jumlah penduduk Buton Selatan saat ini berjumlah diatas 100 ribu jiwa, sehingga itu otomatis menambah jumlah kuota kursi DPRD Busel menjadi 25 kursi

“25 kursi yang terbagi di empat Dapil yaitu Dapil 1 meliputi wilayah Batauga-Kadatua terdapat 7 kursi, Dapil 2 meliputi wilayah Sampolawa tersedia 6 kursi, Dapil 3 meliputi wilayah Lapandewa-Batuatas terdapat 6 kursi, dan Dapil 4 meliputi wilayah Siompu-siompu barat terdapat 6 kursi,” urainya.

Sejauh ini, menurut Hastun, pihaknya menjalankan tahapan sesuai dengan petunjuk PKPU No 10/2023 tentang pencalonan anggota DPRD dan tetap berkoordinasi dengan Bawaslu sebagai badan yang mengawasi tahapan Pemilu sesuai dengan tupoksinya.

baca juga:

Meski demikian, Hastun mengatakan pihaknya masih menghadapi kendala tekhnis yaitu bagi calon memiliki pekerjaan yang dilarang dalam ketentuan belum menyerahkan surat keputusan pemberhentiannya.

“Kendala tekhnis masih ada yang belum terselesaikan, misalnya ada calon berstatus kepala desa, hingga saat ini belum menunjukan surat keputusan pemberhentiannya. Namun demikian sesuai dengan surat KPU 1035 bakal calon diminta untuk segera menyampaikan keputusan pemberhentiannya apabila telah menerima keputusan dimaksud paling lambat 1 bulan setelah ditetapkan keputudan DCT . (*)

Berita Lainnya:

BAUBAU, BP – Dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu tahun 2024, Polres Baubau menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024 di area Pantai Kamali Kota Baubau, Rabu (12/10/2023). “Sukseskan Pemilu 2024, Polres Baubau Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024.”

Terdapat lima peragakan skenario yang dilakukan anggota Personil Polres Baubau dalam mencegah terjadinya gangguan pada tahapan Pemilu tahun 2024. Pertama, taktik atau tehnik penanganan pelaku perusuh pada pelaksanaan kampanye Capres dan Cawapres serta Caleg pada Pemilu 2024 berlangsung.

Sukseskan Pemilu 2024, Polres Baubau Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024
Sukseskan Pemilu 2024, Polres Baubau Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024

Kedua, tehnik pengawalan dan pengamanan tahap pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung. Ketiga, tehnik pengamanan pelaku penculikan calon legislatif Kota Baubau pada Pemilu tahun 2024 berlangsung.

Keempat, taktik dan taktis penggunaan kekuatan pengurai masa anarkis di KPU Kota Baubau pada pelaksaan Pemilu tahun 2024 berlangsung. dan kelima Taktik/tehnik penanggulangan mobilisasi masa tertentu dari luar Kota Baubau yang menggunakan jalur laut pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berlangsung.

Sispamkota Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024, Polres Baubau menerjunkan 300 personil dengan peran tugas sesuai adegan skenario, mulai dari massa aksi demonstrasi, pelaku rusuh dan adu domba, pelaksana pemilu hingga aparat kepolisian sesuai dengan bidang pengamananya.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, MSi mengatakan simulasi ini merupakan upaya kepolisian untuk mengantisipasi gangguan keamanan oleh oknum perusuh selama pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah hukumnya yakni Kota Baubau dan sebagian wilayah Kabupaten Buton Selatan.

“Kita mengantisipasi apabila pada tahapan dan berlansungnya Pemilu tahun 2024 nanti ada gangguan keamanan oleh kelompok tertentu yang tidak mau Pemilu ini berjalan dengan damai.” katanya.

baca juga:

Anggota personil Polres Baubau dilatih agar siap menghadapi situasi yang mungkin akan terjadi serta berupaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pemilu.

Pantauan media ini, dihadapan para pimpinan, personil Polres Baubau menunjukan aksi dengan seluruh kekuatan dengan cara – cara profesional, tehnik bela diri Polri, Patroli Dragon Polwan, Tim Negosiator, Pasukan Dalmas, hingga pengurai massa dengan mobil water canon dan gas air mata dalam pengamanan pelaku kejahatan.

Dalam kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota tersebut di hadiri Pj. Wali kota Baubau, Kapolres Baubau, Ketua DPRD Kota Baubau, Ketua Pengadilan Negeri Baubau, Kepala Kejaksaan Negeri Baubau, Dandim 1413 Buton, Ketua Pengadilan Agama Kota Baubau, Komandan Subdenpom XIV/3-2 Baubau, Danpos TNI-AL Baubau, Ketua KPU Kota Baubau, Ketua Bawaslu Kota Baubau, Ketua FKUB Kota Baubau, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Baubau, Kepala Badan Kesbangpol Kota baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Ketua KPU Kabupaten Buton Selatan, Ketua Bawaslu Babupaten Buton Selatan, Pimpinan Partai Politik Kota Baubau, para PJU Polres Baubau dan para Kapolsek jajaran Polres Baubau.(*)