F3.2 Manajer PLN Rayon Raha Rakhmad. Foto Iman Supa Baubau Post.Manajer PLN Rayon Raha, Rakhmad. Foto Iman Supa Baubau Post.

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Pemadaman lampu yang terjadi di Kabupaten Muna seminggu tiga kali, karena PLN Area Baubau Rayon Raha tengah melakukan pemelihraan mesin PLTU, yang diprediksi selesai dalam waktu dua bulan. Demikian yang dikatakan oleh Manager PLN Rayon Raha, Rakhmad saat ditemui di ruangannya, Rabu (09/11).
“Minggu ini termasuk suasana berat, ada pohon yang tumbang bahkan petir yang menyebabkan adanyaa gangguan sesaat yang tidak bisa dipredisi kapan terjadinya, namun proses pemulihan mesin akan diupayakan secepatnya,” katanya.
Tak hanya itu, pemadaman sistem seperti yang terjadi saat ini merupakan kondisi PLTU Baruta sedang melakukan pemeliharaan dalam tahun pertama, sejak beroperasi melakukan pemeliharaan unitnya, sehingga sistem Raha yang disuplay dari Baruta sekitar 1200 kw.
“Pemadaman hingga empat jam karena beban puncak tertinggi mulai pukul 17:30 Wita hingga pukul 22:00 Wita, sehingga pada waktu murni tidak bisa menyuplai semua karena ada bantuan dari PLTU Baruta,” ujarnya.
Pemadaman lampu sesuai jadwal pemeliharaan mesin selama dua bulan, sehingga masyarakat khususnya Kabupaten Muna perlu memahami hal ini. “PLN Rayon Raha masih menggunakan satu sistem, ketika ada gangguan jaringan, material distribusi di Muna Barat maka akan ada gangguan pula di Muna,”tutupnya. (*)