F2.1 Bupati Buton La Bakry saat berada di ruang pertemuan Kantor KemenhubBupati Buton La Bakry saat berada di ruang pertemuan Kantor Kemenhub

PASARWAJO, BP – Bupati Buton Drs La Bakry MSi belum lama ini menyambangi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk mengusulkan pembangunan pelabuhan dan akses jalan di dua wilayah, Kamaru dan Lasalimu Selatan.

La Bakry mengatakan, dirinya bertandang Kemenhub, guna mengusulkan pembangunan pelabuhan dan akses jalan di dua wilayah Kabupaten Buton.

“Pemerintah kabupaten Buton mengusulkan pembangunan Pelabuhan dan akses jalan di dua wilayah yakni Lasalimu pantai dan kamaru melalui Kemenhub,” katanya.

La Bakry tidak menampik kalau Buton merupakan daerah lumbung aspal terbesar. Ia menginginkan Aspal Buton bisa kembali berjaya di dalam negeri, bahkan hingga Mancanegara.

Pergerakan Bupati untuk membangun daerahnya tidak pernah kendor, terlihat dari sejumlah pertemunnya dengan pejabat pemerintah Pusat seperti, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Djoko Sasono dan Sekretaris Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha Tjahjagama di Kantor Kemenhub belum lama ini.

“Pertemuan itu membicarakan rencana pembangunan pelabuhan dan akses jalan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kita meminta dukungan Pemerintah Pusat untuk membangun pelabuhan representatif dalam rangka pembentukan kawasan ekonomi khusus pengolahan aspal buton di Kecamatan Lasalimu,” tukasnya.

La Bakry mengharapkan buah dari hasil pembahasan itu, ada akses keluar masuk produk aspal maupun yang lain melalui pelabuhan yang akan dibangun nantinya.

Diungkapkan, responsif positif ditunjukan oleh Sekjen Kemenhub bersama jajarannya, dan sangat mengapresiasi program pembentukan KEK di bumi penghasil aspal terbesar di dunia itu.

“Nanti, program tersebut akan dibahas di Internal Kemenhub. Kemudian pihak Kemenhub berencana berkunjung ke Buton melihat lokasi yang akan dijadikan sebagai KEK, Lasalimu Pantai dan Nambo,” tutup La Bakry.

Peliput: Asmaddin