F01.5Kotak Pemilu, Ilustrasi

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) khususnya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), belum diketahui apakah pelaksaanya akan dilaksanakan di tahun 2022 atau 2024. Sebab masi menunggu finalisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilihan Umum (Pemilu).

F01.5
Kotak Pemilu, Ilustrasi

RUU Pemilu sendiri merupakan aplikasi Komisi II DPR. Dalam RUU tersebut Komisi II juga menuangkan pelaksanaan pilkada. Hal ini dilakukan agar regulasi pemilu dan regulasi pilkada tidak tumpang tindih. Selama pelaksanaan pemilu dan pilkada diatur dengan regulasi terpisah.

Para partai politik di daerah, khususnya di Kabupaten Buteng sangat menantikan adanya pilkada tersenut, apa lagi diketahui masa jabatan Bupati Buteng H Samahuddin SE, akan berakhir di tahun 2022.

“Kita masi menunggu finalisasi RUU pemilu, untuk pelaksanaan pilkada di Buteng dan beberapa daerah lainnya, yang juga masa jabatanya berakhir di tahun 2022,” ungkap La Ode Nuriadin, Ketua KPU Buteng saat dikonfirmasi, Kamis (21/01)

Lanjutnya, hingga sampai saat ini pihak DPR RI sedang membahas RUU Pemilu tersebut, yang didalamnya menggambungkan undang-undang pilkada, dimana ada beberapa opsi jadwal keserentakan pilkada itu.

Salah satunya, bagi daerah yang akhir masa jabatanya 2022 dan 2023 itu, akan normal waktu pelasanaan pilkadanya. Kemudian pada opsi lainnya, pada undang-undang sebelumnya, bahwa pilkada itu akan dilaksanakan di tahun 2024, yang akan digabungkan dengan pemilu.

baca juga: Pemkab Buteng Alihkan Pembelajaran Tatap Muka jadi Belajar Kelompok

“KPU Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan 2022 itu, sudah harus menyiapkan rancangan penganggaran,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *