F01.4 Ahmad Monianse Buka Seleksi Atlet FPTI BaubauAhmad Monianse Buka Seleksi Atlet FPTI Baubau

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022, Forum Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Baubau menggelar seleksi atlet di Bumi Perkemahan Samparona sejak tanggal 21 Januari hingga 24 Januari 2021.

F01.4 Ahmad Monianse Buka Seleksi Atlet FPTI Baubau
Ahmad Monianse Buka Seleksi Atlet FPTI Baubau

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya, Jumat (22/01) mengatakan, mengapresiasi kinerja FPTI Baubau yang sudah memperlihatkan geliat kerjanya salah satunya perekrutan atlet panjat tebing di Kota Baubau yang akan ditindaklanjuti dengan pembinaan para atlet.

” Banyak cabang olahraga yang hari ini sudah terbentuk di Kota Baubau, tetapi geliatnya tidak terlihat seperti hari ini, olehnya itu atas nama pemerintah Kota Baubau saya mengapresiasi pengurus FPTI Baubau yang sudah memperlihatkan keseriusannya,” kata La Ode Monianse.

Dikatakan, untuk memperoleh prestasi yang membanggakan harus dimulai dengan tekad, semangat dan keseriusan dari para atlet dan pengurus tiap cabang olahraga. Semangat itu sudah dilakukan oleh pengurus FKTI Baubau hari ini, dimana para anggotanya baru saja dikukuhkan beberapa waktu lalu.

” Saya punya keyakinan, atlet-atlet yang nanti akan terbina, pasti bisa berada di posium tertinggi, bahkan harapan kita bukan hanya panji-panji daerah yang akan dikibarkan, tetapi ada atlet Baubau yang bisa mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di podium tertinggi di Internasional,” harapnya.

Lanjut kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat FKTI Baubau ini, jika dirinya mendukung adanya program pembinaan dengan pengelompokaan umur, guna mempersiapkan atlet Kota Baubau sejak usia dini, melalui perekrutan bibit atlet baik di tingkat SD dan SMP.

” Hal yang bisa mendukung upaya perekrutan bibit atlet usia dini, harus ada sarana papan panjat ini sehingga bisa tersosialisasi dengan baik. Tadi saya sempat dengar semangat Kadis Pemuda dan Olahraga kalau bisa papan panjat itu kita tempatkan di Kotamara, sehingga bisa menarik minat adik-adik kita cabang olahraga panjat tebing,” ungkapnya.

Tak lupa, orang nomor dua di Kota Baubau ini juga meminta para anggota FPTI Baubau yang memiliki sertifikat dibidang panjat tebing, untuk bersama-sama dengan pemerintah untuk mencari tebing alam di Kota Baubau, yang selain bisa digunakan untuk sarana latihan juga dapat dijadikan sebagai wisata panjat tebing.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua FPTI Kota Baubau Dr.Wahyu, SKM M.Sc, MPH mengatakan, empat bulan lalu pengurus FPTI Baubau periode 2020-2023 dikukuhkan dengan segera pihaknya menyusun program kerja. Salah satu program kerja yang direncanakan yakni menyelenggarakan seleksi atlet yang selama ini telah menerima pembinaan dari beberapa club panjat tebing yang ada di Kota Baubau.

” Para atlet diberi kesempatan untuk bersaing secara sehat menunjukan prestasi masing-masing dalam rangka konsep besar pembinaan dan rekrutmen bibit atlet dalam menghadapi even-even panjat tebing yang dalam waktu dekat ini adalah Proprov 2022,” kata Wahyu.

Ia mengatakan, selama ini selain para atlet selain berlatih di clubnya masing-masing, FPTI juga telah menjadwalkan pelatihan dengan bekerjasama memanfaatkan sarana yang ada di Mapala Unidayan untuk kelas boulder dan sarana di Bumi Samparona untuk kelas lead.

” FPTI Baubau masih membutuhkan banyak sarana dan prasarana untuk dapat menyelenggarkan latihan yang lebih efektif, tentu saja dengan dukungan Pemerintah Kota Baubau yang dimotori oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sangat diharapkan agar teman-teman atlet ini dapat semakin mengembangkan prestasinya,” terangnya.

baca juga: Sekot Baubau Roni Muhtar dan OPD Siap Divaksin

FPTI Baubau kata Wahyu, memberikan kesempatan kepada kepada masyarakat yang ingin berlatih olahraga panjat tebing, terdiri dari golongan umur 20 tahun kebawah dan golongan umum. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *