F01.1 Pasangan BupatiWabub Butur terpilih Ridwan Zakaria Ahali saat pencabutan lot nomor urut pada Pilkada 2020 Buton UtaraPasangan BupatiWabub Butur terpilih Ridwan Zakaria-Ahali saat pencabutan lot nomor urut pada Pilkada 2020 Buton Utara

Peliput : Kasrun

BURANGA,BP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara(Butur) menggelar Rapat Paripurna pengumuman hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum(KPU) calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih masa jabatan 2021-2026. Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026 terpilih yakni Ridwan Zakariah- Ahali.

F01.1 Pasangan BupatiWabub Butur terpilih Ridwan Zakaria Ahali saat pencabutan lot nomor urut pada Pilkada 2020 Buton Utara
Pasangan BupatiWabub Butur terpilih Ridwan Zakaria-Ahali saat pencabutan lot nomor urut pada Pilkada 2020 Buton Utara

Diumumkan dan ditetapkan pada rapat sidang paripurna, di Aula Gedung Serbaguna, Kecamatan Kulisusu, Senin, 25 Januari 2020.

Rapat Paripurna istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Diwan dan dihadiri oleh seluruh jajarannya, KPU Butur, unsur TNI/POLRI, Para Asisten/Staf Ahli, Para OPD lingkup Kabupaten Buton Utara, pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Ridwan Zakariah-Ahali dan tokoh masyarakat.

Dalam rapat paripurna tersebut dilaksanakan penandatanganan surat keputusan DPRD tentang pengumuman hasil penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026.

Sebelumnya, KPU Butur melaksanakan rapat pleno terbuka menetapkan Ridwan Zakariah-Ahali sebagai pasangan terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh ketua KPUD Hasruddin.

Rapat paripurna dilaksanakan dengan agenda penyampaian pengumuman hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh Sekretaris DPRD Kusman Surya, membacakan rancangan keputusan dewan, serta penandatanganan keputusan dewan dan berita acara.

Dalam rapat yang juga disiarkan secara virtual tersebut dijelaskan bahwa pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah mekanisme yang harus ditempuh untuk kesinambungan penyelenggaraan pemerintah daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemilihan kepala daerah hanya sebagai sarana guna mewujudkan pembangunan daerah secara integral dan berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat (3) yang menegaskan pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil bupati serta pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU kabupaten/kota yang disampaikan oleh DPRD kabupaten/kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Sebagai implikasi, DPRD kabupaten/kota mengumumkan dalam rapat paripurna hasil penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih oleh KPU kabupaten/kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Ketua DPRD Butur, Diwan mengucapkan selamat kepada pasangan terpilih Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara periode 2021-2026.

“Rapat Paripurna DPRD pengumuman hasil penetapan KPU terkait calon Bupati Dan Wakil Bupati,”ucap Diwan.

Dirinya menjelaskan, Pilkada adalah arena perubahan kontitusional yang berdaulat. Oleh karena itu dirinya memberikan apresiasi Kepada penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu beserta jajarannya yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta profesionalisme. Juga TNI-POLRI telah memberikan kenyamanan dan kelancaran selama berlangsungnya Pilkada.

baca juga: Pemudah Kulisusu Barat Apresiasi Langkah Pemerintah Kecamatan Inisiasi Pengadaan Lampu Jalan Ditiap Desa

“Hasil Pleno KPU telah menetapkan Pasangan Ridwan Zakaria dan Ahali tlah di tetapkan sebagai calon terpilih dalam Pilkada Butur dengan perolehan suara 15.890.

Dirinya berharap Buton Utara kedepan akan semakin maju dari berbagai aspek, dapat mensejahterakan masyarakat serta dapat berkembang dengan pesat seperti daerah lain.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *