F01.3 Bupati Buton La Bakry menggunting pita sebagai salah satu tanda polsek Wabula diresmikan Bupati Buton La Bakry menggunting pita sebagai salah satu tanda polsek Wabula diresmikan

Laporan: Ardi Toris

BUTON, BP- Bupati Buton Drs La Bakry MSi menghadiri pengukuhan dan peresmian Kantor Polsek Wabula, Sabtu, 10 April 2021 sekitar pukul 10.00 WITA. Dengan mengenakan kampurui khas Buton, bupati sangat antusias memenuhi undangan Kapolres Buton AKBP Gunarko SIK MSi dan merasa bersyukur dengan kehadiran Polsek Wabula yang telah lama dinantikan warga Kecamatan Wabula.

F01.3 Bupati Buton La Bakry menggunting pita sebagai salah satu tanda polsek Wabula diresmikan
Bupati Buton La Bakry menggunting pita sebagai salah satu tanda polsek Wabula diresmikan

Pengukuhan Mapolsek Wabula ditandai dengan pembukaan tirai papan nama Polsek, peletakkan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Buton. Sebagaimana diketahui Polsek Wabula sendiri telah diresmikan secara simbolis beberapa waktu lalu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya di Aula Polres Buton dan pada sabtu siang ini prasasti tersebut telah diletakkan bersama oleh Bupati dan Kapolres Buton tepat di halaman Mapolsek Wabula.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Buton mengucapkan selamat atas peresmian dan pengukuhan Kantor Polsek Wabula.
“Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Wabula mengucapkan selamat atas diresmikan dan dikukuhkannya Polsek Wabula. Tentu kehadiran Polsek ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Wabula. Dengan adanya Polsek Wabula ini menunjukkan begitu besar perhatian Kapolri, Kapolda dan Kapolres terhadap Kabupaten Buton. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak kepolisian”, tutur putra daerah Buton tersebut.

Bupati berharap kehadiran Polsek ini akan menjamin kondisi Kamtibmas stabil, aman dan terkendali. Dengan adanya Polsek akan menambah kenyamanan dan keyakinan bagi masyarakat, apalagi posisi Polsek Wabula tepat berhadapan dengan objek wisata Kali Topa dan Pantai Wabula yang banyak dikunjungi wisatawan.
“Dengan adanya Polsek ini tentu suasana Kamtibmas di Kecamatan Wabula terus kita upayakan stabil. Wabula ini sejak tahun 2013 lalu saya bersama Bupati sebelumnya, Kecamatan Wabula kita dorong sebagai kawasan pariwisata. Tentu masih ingat jajaran Kementerian Pariwisata hampir seluruh pejabat eselon I nya kita ajak ke Wabula untuk menghadiri Pesta Adat “Pidoanokuri”. Kita menyatakan bahwa Wabula layak menjadi destinasi wisata dilihat dari objek wisatanya yang indah dan daya tarik budaya yang luar biasa”, pungkas Ketua DPD Golkar Buton tersebut.
Sinergi antara pemerintah daerah, kepolisian dan dukungan masyarakat, lanjut Bupati, sangat diharapkan terus terjalin sehingga kondisi Kamtibmas dapat terus terjaga dengan baik dan Wabula akan menjadi daerah yang maju.
Tak lupa pada kesempatan ini, 01 Buton mengungkapkan pemanfaatan aspal Buton terus menjadi prioritas Pemda.
“Hari ini pemerintah sudah mau memanfaatkan Aspal Buton dengan kuota 500.000 ton dan penggunaannya untuk 1.000 km jalan di Indonesia. Selain itu, saya dan jajaran berupaya agar terbit IUP Aspal Buton untuk dikelola Perusahaan Daerah dan semoga sebentar lagi akan diteken sehingga akan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita secara signifikan. Dengan demikian Insya Allah kita bisa berbuat banyak untuk daerah yang kita cintai ini”, ujar suami Delya Montolalu ini.
Sementara itu, Kapolres Buton AKBP Gunarko, SIK, MSi mengatakan, “Memang Polsek ini sudah lama kita bangun. Namun dikarenakan proses yang bertahap sehingga baru bisa kita kukuhkan setelah ada keputusan Mabes Polri dan Polda Sultra,”
Kapolres menambahkan Polsek Wabula untuk sementara akan diisi 8 personil termasuk Kapolseknya yang dijabat oleh Ipda Almuhalid, SH. “Insya Allah siap melayani masyarakat,” tegasnya.
Menurutnya, pejabat Kapolsek Wabula sudah tidak asing bagi masyarakat Wabula. Sebab mantan Bhabinkamtibmas Desa Bajo Bahari yang menorehkan prestasi luar biasa dengan mendirikan Taman Baca bagi anak-anak Bajo Bahari. Prestasinya tersebut mengantarkannya memperoleh penghargaan khusus dari Presiden Joko Widodo.
“Sertijab Kapolsek bersama pejabat lainnya akan diselenggarakan insya Allah minggu depan,” katanya.
Orang nomor satu di Polres Buton tersebut berharap dengan adanya Polsek Wabula lengkap dengan personilnya akan memberikan manfaat dan pelayanan prima kepada masyarakat. Terlebih Polsek Wabula tepat berhadapan dengan icon destinasi pariwisata Kecamatan Wabula.
Di tempat yang sama, Camat Wabula Muhammad Basri, SSTP mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pihak kepolisian atas nama pemerintah dan masyarakat Wabula dengan dikukuhkannya Polsek yang telah lama dinantikan. Ia berharap Kapolsek Wabula terpilih yakni Ipda Almuhalid, SH akan menjadi mitra yang baik untuk Pemerintah Kecamatan Wabula.
Pada momen pengukuhan Kantor Polsek Wabula ini turut diwarnai acara penyerahan bantuan sembako dari Polres Buton secara simbolis kepada masyarakat. Penyerahan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Wabula.

BACA JUGA: Bupati Buton Berharap Ada Kelanjutan Program Pembangunan dari Kementrian
Turut hadir pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kab. Buton Hariasi Salad, SH, anggota DPRD, Rudini Ncea, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri, Wakapolres Buton Kompol, La Umuri, jajaran pejabat utama Polres Buton, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Buton Alimani, SSos, MSi, Ketua Bhayangkari Cabang Buton Ny. Dewi Gunarko dan pengurus, Kapolsek Wabula, Ipda Almuhalid, SH., Danramil Pasarwajo, dan Parabela Wabula.(*)