F04.4 pedagang di Pasar Wameo pedagang di Pasar Wameo

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Memasuki pekan kedua bulan Januaro 2022, perkembangan update harga sembako di Pasar tradisional Kota Baubau bervariatif, ada yang masih normal-normal saja, ada yang mengalami penurunan dan kenaikan harga, namun ada juga yang tidak mengalamai perubahan harga.

F04.4 pedagang di Pasar Wameo
pedagang di Pasar Wameo

Pantuan media ini di Pasar Wameo Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara Senin (10/01/2022), harga cabe dan sejenisnya mengalami penurunan secara signifikant. Kalau pekan lalu, cabe dijual dengan harga Rp 90 ribu per kilogram, pekan ini cabe dijual dengan harga Rp 60 ribu per kilogram.

Berbeda dengan harga minyak kelapa dari berbagai merek, sejak semester IV 2021, harganya naik terus. Hingga memasiki pekan kedua bulan Januari 2022, harga minyak kelapa belum memperlihatkan adanya penurunan harga. Hal ini masih menjadi keluhan masyarakat Kota Baubau.

Begitu juga dengan harga telur, dipekan ini mulai menunjukan tanda-tanda kenaikan. Seperti telur ayam jumbo sebelumnya dijual dengan harga Rp 50 ribu per krak, saat ini dijual dengan harga Rp 54 ribu per krak. Selain itu harga bawang merah dan bawang putih mulai ‘merankak’ naik.

Sementara itu harga beras masih memperlihatkan keadaan normal, tidak mengalami kenaikan sejak tgahun 2021. Stoknya juga masih aman untuk melayani masyrakat Baubau dan sekitarnya. Sama halnya dengan harga sayur mayur dan tomat, pekan kedua ini harganya masih normal dan sangat terjangkau.

Kadisperindag Kota Baubau La Ode Ali Hasan mengatakan pihaknya memang terus memantau perkembangan harga sembako di berbagai pasar. Tidak hanya di pasar tradisional tapi juga di pasar modern. Dia menjelaskan memang awal tahun ini berbagai harga sembako trendnya menuju ke arah normal. Kalau masih ada sembako yang belum mengalami penurunan harga seperti minyak kelapa itu karena dipengaruhi situasi nasional yang mengalami masalah yang sama.

baca juga: Wawali La Ode Ahmad Monianse Lepas Sambut Kapolres Baubau

“Kita akan terus pantau terus persoalan harga sembako ini sehingga informasi kepada masyarakat terkait harga sembako ini bisa membuat masyarakat tetap tenang utamanya para ibu rumah tangga,” ucapnya. (***)

Comments are closed.