F01.6 3

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Insentif untuk atlit berprestasi di Pekan Olahraga Provinsi Sultra ke 14 masih menjadi perbicangan di kalangan atlit Kota baubau yang berlaga.

Sebelumnya KONI Baubau sudah merilis bahwa mereka mengusulkan pola 3-2-2 yaitu bagi atlit yang meraih medali emas akan mendpatkan insentif Rp 30 juta, medali perak Rp 20 juta dan medali perunggu mendapatkan insentif Rp 10 juta.

F01.6 3

Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse pun merespon positif insentif untuk atlit berprestasi di Porprov ke 14 Sultra. Usai melepas 1.100 atlit,pelatih dan offisial, Monianse mengatakan pihaknya menyiapkan insentif kepada atlit dan pelatih yang berprestasi dalam bentuk dana hibah yang akan disalurkan melalui KONI Baubau.

“Usulan pertama KONI ke kami itu baru yang pola 3-2-1. Ini kita masih kaji dan mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi. Kita minta mereka untuk mengkaji kembali tgerkait pemberian insentif itu. Karena menurut saya akan lebih baik kalau insentif peraih medali emas berjarak dengan peraih medali perak dan perunggu,” tuturnya, Kamis (24/11/2022)

Monianse berharap pihak KONI segera memasukan usulan pemberian insetif itu bila masih ada usulan baru. Tujuan dibuat berjarak lebih tinggi emas agar atlit dan pelatih bersungguh-sungguh mengejar medalio emas. “kan kalau jaraknya tidak terlalu jauh nanti atlit ogah-ogahan. Sudah merasa puas dengan mendapatkan perak saja atau perunggu saja, karena nilainya tidak terlalu jauh berbeda,” lanjut Monianse.

Untuk pembayaran insentif, Lanjut La Ode Ahmad Monianse, bila masih kurang maka pihak Pemkot Baubau akan membayarnya di tahun 2023 dengan menganggarkannya pada poin ‘masyarkat Baubau yang berprestasi’.

“Sebab kalau melihat target yang mereka masukan ini masih kurang biaya insentifnya. Maka kita akan membayarnya di tahun 2023 nanti. Sapatau benar yang mereka targetkan, maka pemerintah daerah harus siapkan semua,” lanjutnya lagi.

Ketika ditanya soal KONI Baubau pernah merilis selain mengajukan pola 3-2-1 juga mengusulkan pola 4-1-0.5 yaitu peraih medali emas akan mendapatkan Rp 40 juta, perak Rp 10 juta, dan perunggu Rp 5 juta, Walikota Baubau Monianse mengatakan untuk usulan 4-1-0.5 belum pernah dia terima.

baca juga: SMPN 1 Baubau Siap Terima Kontingen Bombana Selama Porprov 14 Sultra, Ini Fasilitas Yang Diadakan

“Kami baru menerima usulan pertama dari KONI Baubau yang pola 3-2-1. Kalau pola lain belum ada sampai saat ini. Mungkin pihak KONI Baubau baru mau memasukan,” tutupnya. (*)