F01.3

Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar Forum Konsultasi Publik terkait rencana penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Rabu (1/2/2023).

Kegiatan konsultasi public tersebut dhadiri langsung oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, anggota DPD RI Dr H MZ Amirul Tamim, M.Si, Ketua DPRD H Zahari, SE. Wakil Ketua DPRD H Kamil Adi Karim, SP dan Drs Nasiru, Forkompinda, pimpinan OPD, Pemred Koran Harian Baubau Post Ardi S.Si Apt, dan seluruh stakeholders daerah.

F01.3

Menurut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, konsultasi publik merupakan bagian dari tahapan penting dan berarti yang akan memberikan masukan signifikan bagi masa depan Kota Baubau.

Apalagi, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 dan daerah otonomi baru (DOB) , maka Kota Baubau merupakan salah satu daerah yang diwajibkan untuk menyusun dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RDP) 2024-2026.

Dikatakan Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, mengingat RPJMD Kota Baubau akan berakhir pada tahun 2023 maka Pemkot Baubau diamanatkan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk membuat RPD tahun 2024-2026 dan diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat dan kebijakan pemerintah pusat dan kebijakan pemerintah provinsi untuk menjadi dasar rencana RPD selanjutnya sehingga nanti ke depan siapa pun penjabat Wali Kota yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri harus melaksanakan apa yang sudah direncanakan melalui RPD tahun 2024-2026.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini berharap pada konsultasi publik yang digelar kali ini dapat menjadi perhatian bagi seluruh pemangku kepentingan untuk dilakukan identifikasi kendala dan memperoleh solusi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Baubau pasca pandemic covid-19 yang sudah melandai.

Termaksud Baubau harus mengambil peran dalam mendukung pertumbuhan Kawasan strategis , pemerataan pembangunan wilayah termaksud didalamnya konektivitas antara wilayah di 8 kecamatan pengembangan Kawasan pusat kegiatan wilayah Kota Baubau dalam skala regional Sulawesi Tenggara. Sehingga, terbentuk pusat pelayanan dasar bagi masyarakat, pengembangan UMKM, Pertanian, Perdagangan dan Jasa serta Pendidikan.

”Saya menaruh harapan agar kerja kolaborasi dan bersinergi dapat terbangun dengan baik dan berkelanjutan untuk pembangunan Kota Baubau ke depan dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kota Baubau,”ungkapnya.

baca juga: Januari 2023, Kota Baubau Mengalami Inflasi Year on Year (yoy) Sebesar 6,66 persen dengan IHK sebesar 114,26

Sementara oitu, Plt Ketua Bappeda Kota Baubau Dahrul Dahi mengatakan penyusunan RDP 2024-2026 ini melewati beberapa tahapan melalui forum grup diskusian (FGD) yang dimulai sejak tahun 2022 lalu dan nantinya pada bulan Maret tahu 2023 akan ditetapkan menjadi rancangan pembangunan darah tahun 2024-2026.

Dahrul melaporkan forum konsultasi publik ini dihadiri berbagai elemen dari unsur pemerintah, perwakilan TNI-Polri, Forkopimda, organisasi wanita, camat dan lurah se kota Baubau, pengusaha, akademisi, para kepala OPD dan insan pers dengan jumlah peserta yang hadir 140 orang (*)