F01.3 5

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- UD Mone Putra Kencana merupakan salah satu tempat usaha yang menimbang dan menampung barang-barang bekas yang terbuat dari besi, timah, botol, kertas dan sejenisnya. UD Mone Putra merupakan salah satu kegiatan usaha dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau, berlamat di Kelurahan Lipu, Kecamatan, Betoambari, Kota Baubau

F01.3 5

Penangung jawab UD Mone Putra yang biasa di sapa Akbar mengatakan kegiatan usaha itu menargetkan omzet miniml Rp 5 juta per hari. Dia mengatakan semua bahan bekas yang sudah tidak terpakai bisa dilayani untuk dilakukan penimbangan lalu dihargai dengan uang.

“Pelayanan untuk menimbang besi tua, besi bekas, kertas dan sejenisnya kami layani setiap hari dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA,” katanya ketika dikonfirmasi, Senin (13/02/2023).

Akbar mengatakan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai dihargai sesuai dengan nilai kurs dan juga banayal atau tidaknya permintaan. “Jadi harganya fluktuatif. Pada Waktu tertentu bisa saja harganya naik atau harganya turun,” lanjutnya.

Barang-barang yang sudah ditimbang akan diolah atau dikepak dengan rapih lalu dikemas dalam karung. Akbar mengatakan bahan bekas yang sejenis akan dikemas dengan rapih dan bila sudah cukup satu kontainer baru kemudian di kirim ke Surabaya.

Pihaknya juga melayani masyarakat yang mencari bahan-bahan bekas di lokasi penampungannya. Bila berminat dengan barang-barang bekas yang ditampungnya maka bisa dibeli dan cara membayarnya tinggal di timbang saja dan akan dibayar sesuai dengan jenis barang bekas yang diambil.

Pantauan Baubau Post dilokasi penampungan barang bekas milik UD Mone Putra Kencana terlihat ada seorang warga Baubau berasal dari Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio sedang mencari roda sepeda yang masih layak untuk dia beli.

baca juga: Harga Beras Premium di Baubau Naik Hingga 13 Persen, Ali Hasan: Ini Terjadi Secara Nasional

“Saya mencari roda sepeda yang masih layak. Lalu saya beli di sini. Kemudian nanti roda sepeda ini saya perbaiki dan saya pasang pada bodi sepeda yang masih bagus di rumah saya. Saat ini saya memiliki sepeda sebanyak 15 buah untuk saya jual. Semua bahannya saya cari di tempat penampungan besi seperti ini,” tuturnya.(*)