Kadispar Baubau LM Idrus Taufiq Saidi, Lomba Parade Perahu Meriahkan Teluk Baubau Pada Festival Perairan Baubau 2023Kadispar Baubau LM Idrus Taufiq Saidi, Lomba Parade Perahu Meriahkan Teluk Baubau Pada Festival Perairan Baubau 2023

BAUBAU, BP-Festival Perairan Kota Baubau tahun ini yang dirangkai dengan sejumlah acara sudah disiapkan Dinas Pariwisata Kota Baubau sudah melakukan langkah-langkah persiapan antara lain di hari pertama tanggal 26 Oktober 2023 yaitu pembukaan Festival yang bertempat di terminal Lakologou. “Festival Perairan Kota Baubau Tahun 2023 Digelar Kamis 26 Oktober 2023.”

Kadis Pariwisata Kota Baubau H Idrus Taufik Saidi, S Kom, M.Si mengungkapkan, festival perairan Baubau tahun 2023 dirancang dengan model kolaboratif. Artinya bahwa kegiatan di Lakologou antara lain senam pagi, selanjutnya karena area by pass di imbau untuk menanam bunga jenis Bougenvill atau kembang kertas di tengah medan jalan by pass.

Kadispar Baubau LM Idrus taufiq Saidi, Festival Perairan Kota Baubau Tahun 2023 Digelar Kamis 26 Oktober 2023
Kadispar Baubau LM Idrus taufiq Saidi, Festival Perairan Kota Baubau Tahun 2023 Digelar Kamis 26 Oktober 2023

Sehingga para peserta nantinya bisa hadir sembari berolahraga, menanam pohon sekaligus mengikuti rangkaian acara pembukaan antara lain bakal ditampilkan juga kurang lebih 150 penari kolosal yang pesertanya adalah putra putri kelompok sadar wisata Bungi.

Kemudian selanjutnya beralih ke laut yaitu pelepasan parade perahu hias. Hal ini menandakan sebenarnya inilah bentuk promosi wisata Kota Baubau, walaupun diakui Baubau cuma mempunyai pinggiran bibir laut itu kurang lebih 40 km tapi sebagian masyarakatnya juga rutinitas kebiasaannya itu adalah nelayan. Serta beberapa titik-titik di perairan Kota Baubau itu bisa didekatkan dengan kepariwisataan. “Dengan harapan ketika perahu hias itu mulai bergerak, ada sisi angle, ada sisi pengambilan dokumentasi, ada sisi promosi tentang view Kota Baubau yang cukup cantik bagi masyarakat yang belum pernah melihat dari sisi itu.

Karena arah untuk kemudian perahu tersebut bermanuver ketika dilepas dari terminal Lakologou akan menyusuri sepanjang jalan bypass. Nanti tim penilai akan berada di seputaran jalan bypass ketika perahu-perahu mulai berjalan dan kemudian akan kembali ke daerahnya masing-masing.”ungkapnya.

baca juga:

Ditambahkan, pembukaan festival perairan pada 26 Oktober 2023 itu sekaligus itu menjadi babak awal dari Festival Komunitas yang dilakukan di Kotamara nantinya. Banyak hal juga yang akan ditampilkan oleh anak-anak festival komunitas ini antara lain, ada lomba puisi, stand up comedy, ada musik/band, ada teater dan beberapa stand pameran.

Namun demikian, untuk stand, diharapkan sub sektor ekonomi kreatif Baubau itu akan hadir. “Kalau tahun kemarin (2022) kami evaluasi stand pameran itu masih berada pada 4 genre besar. Lebih kepada komunitas ekonomi kreatif seperti jenis kuliner. Di tahun ini benar-benar berharap 17 sub sektor kepariwisataan itu hadir disana seperti kriya, perfilman, arsitek dll keterwakilan di stand itu akan ada nantinya.

Disamping mereka melakukan pagelaran seni untuk mengisi dari tanggal 26-29 Oktober nanti. Secara umum seperti itu, dan dua lokasi yang kita pakai yaitu view sisi timur Kota Baubau di Lakologou bypass dan Kotamara yang menjadi alun-alun pusat Kota.”jelasnya. (*)

berita lainnya:

Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya

BAUBAU, BP – Masyarakat kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pesta adat Busiana Liwu. Tradisi ini selalu diselenggarakan secara turun-temurun setiap tahunnya sebelum para petani menanam. “Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya.”

Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi yang di wakili Plh Sekertaris Daerah (Sekda) Baubau, La Ode Aswad bersama sejumlah para OPD ikut menghadiri acara ini, serta mendukung pelestarian adat tradisi yang di gelar di Baruga Kaisabu Baru. Sabtu (14/10/2023).

Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya
Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya

Dikonfirmasi Media ini usai mengikuti pesta adat Busiana Liwu, La Ode Aswad mengapresiasi masyarakat Kaisabu Baru yang telah melestarikan adat, budaya sebagai peninggalan orang tua terdahulu.

UCAPAN SELAMAT

“Nah, itu konsisten dengan tugas kewenangan Kabupaten/ Kota di bidang kebudayaan, salah satunya melestarikan budaya, Inilah wujudnya,” katanya.

Adat-istiadat yang sudah berjalan ini sepatutnya menjadi aset budaya daerah yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Pasalnya, Daerah lain masih mencari apa yang dilestarikan. Kaisabu Baru sudah punya, sehingga diharapkan pesta adat Busiana Liwu terus lestarikan oleh masyarakat dengan dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau serta peran toko adat, toko agama, toko masyarakat.

baca juga:

“Generasi muda mari kita mendukung, upaya baik orang tua kita, sehingga pesta adat Busiana Liwu terus dilaksanakan sampai kapan pun, oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kaisabu” katanya.

Sementara itu, Ketua lembaga adat, Arianto mengatakan, pesta adat Busiana Liwu telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat kaisabu baru dan masyarakat belum menanam bila orang tua kampung belum belaytaku.

“Masyarakat percaya, bila selesai pesta adat Busiana Liwu, Insyaallah hujan akan turun, masyarakat mulai menanam,” katanya.

Disamping itu, pada tahun 2014 lalu, kegiatan pesta adat Busiana Liwu kaisabu baru dirangkaikan dengan HUT Kota Baubau. Namun Karena adanya covid 19 sehingga OPD terkait tidak menganggarkan kegiatan pesta adat.

“Anggaran itu tidak melakat lagi di OPD, melainkan melekat pada dana kelurahan, Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan dengan baik,” kata Arianto yang juga menjabat sebagai lurah Kaisabu baru.

Dengan demikian, pihaknya berharap semoga Pesta adat Busiana Liwu di kaisabu baru terus dipertahankan oleh generasi muda serta para toko adat, toko agama serta Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

“Kami berharap generasi muda terus mempertahankan adat istiadat, Busiana Liwu sebagai peninggalan orang tua leluhur, pada zaman dahulu,” tutup.

Drs La Ode Aswad bersama rombongan yang tibah di baruga Kaisabu Baru disambut dengan Tari Mangaru, dan saat menyantap makanan yang telah disediakan, para tamu dihibur dengan musik tradisional serta Tari Linda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *