La Ode Aswad: Sebelum Memanggil Pejabat ASN, Panwaslu Seharusnya Menyurati Walikota Atau Berkoordinasi dengan Inspektorat

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Asisten I Pemkot Baubau La Ode Aswad, SSos, MSi membeberkan alasan ketidak hadiran dirinya ketika dipanggil Panwaslu Kota Baubau yang terjadwal menurut anggota Panwaslu Kota Baubau Wa Ode Frida Vivi Octavia SH, Kamis (14/12).

Alasan pertama ketidakhadirannya yaitu untuk memanggil pejabat daerah harusnya Panwaslu mengirim surat melalui Walikota Baubau yang kedudukannya sebagai pembina kepegawaian. Alasan kedua, lanjutnya, Panwaslu Kota Baubau dapat melakukan koordinasi melalui inspektorat Kota Baubau yang tugasnya melakukan pengawasan internal pemerintah sebelum benar-benar melakukan pemanggilan.

“Kan ada yang namanya koordinasi. Saya ini dipanggil bukan sebagai pribadi tapi kapasitas saya sebagai ASN yang saat ini menjabat asisten I di Pemkot Baubau. Ada prosedur pula bila ingin memanggil ASN pada level tertentu seperti yang saya jelaskan di atas. Panwaslu ini sudah seperti lembaga di atas segala-galanya, seharusnya ada koordinasi,” katanya lugas, Jumat (15/12).

Wa Ode Frida ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum menerima konfirmasi apapun dari ASN yang dipanggil Panwaslu. “Jadi saya belum bisa memberi tanggapan apa-apa, tetapi proses penanganan pelanggaran yang kami lakukan sudah sesuai prosedur, ” ucapnya, Jumat (15/12)

Wa Ode Frida menjelaskan proses penanganan pelanggaran oleh Panwaslu, sesuai Perbawaslu nomor 14 tahun 2017 yaitu setelah petugas pengawas pemilihan melakukan tugas pengawasan, maka hasilnya akan dituangkan dalam form A. Jika ada dugaan pelanggaran, maka akan dibuat kajian awalnya apakah telah memenuhi syarat formil dan materiil.

“Setelah itu diplenokan untuk ditetapkan sebagai temuan dan dituangkan dalam formulir A2 dan diregistrasi sebagai temuan. Selanjutnya dikirim undangan klarifikasi untuk pelapor, saksi, dan terlapor. Setelah itu dibuat kajian akhir yang dituangkan dalam formulir A8 untuk kemudian diplenokan terkait kesimpulan dan rekomendasinya,” jelasnya. (*)

Pin It on Pinterest