F3.1 Kasat Lantas Polres Muna AKP. Alfin. Foto Iman Supa Baubau PostKasat Lantas Polres Muna, AKP. Alfin. Foto Iman Supa Baubau Post

Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha

RAHA, BP – Kepala Satuan (Kasat) Lalulintas Polres Muna, AKP Alfin memaparkan, angka kecelakaan di Kabupaten Muna mengalami penurunan yang signifikan. Berdasarkan data tahun 2016, terdapat beberap kasus kecelakaan lalu lintas, terdiri dari 26 orang meninggal dunia, 6 luka berat dan 77 luka ringan.
“Pada bulan September terdapat 8 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas, dibulan Oktober ada 3 orang. Sementara pada bulan November dan Desember 2016 tidak ada sama sekali, hal ini menunjukkan perubahan yang signifikan,” katanya.
Dalam upaya mengurangi angka kecelakaan. pihaknya giat melakukan kampanye keselamatan, penindakan hukum secara sistematis dan berkelanjutan, maupun patroli setiap hari untuk menindaki pelanggar yang terlihat kasa mata.
Alfin menambahkan, pelanggar lalulintas yang mendapat tindakan, diharapkan ada efek jera, sehingga kedepannya tidak lagi melakukan pelanggaran yang menimbulkan kecelakaan lalulintas.
“Kami mengimbau dengan cara yang kreatif untuk mendapatkan simpatik dari masyarakat. Bentuknya berupa spanduk dengan tulisan yang menarik, imbauan menggunakan mobil kendaraan keliling, menggunakan badut maupun imbauan melalui media cetak dan online,” tambahnya.
Pihaknya menilai, upaya selama ini membuahkan hasil yang memuaskan dengan indikator, menurunnya angka kecelakaan. Menurutnya, masyarakat Muna semakin taat berlalu lintas, tidak ada lagi kendaraan yang menggunakan knalpot bogar atau helm tidak standar SNI.
Tiga balok dipundak ini menambahkan, pendekatan kepada masyarakat akan terus dilakukan dalam menekan angka kecelakaan di Kabupaten Muna. Sosialisasi tertib lalu lintas bukan sebuah keharusan tapi kebutuhan, sebab dapat berakibat fatal jika terjadi kecelakaan.
“Dalam penertiban penggunaan kendaraan, kedepan kami akan melakukan penindakan pengendara anak dibawah umur,” tutupnya. (*)