F4.1a Forecaster Stasiun Meteorologi Baubau SarasForecaster Stasiun Meteorologi Baubau, Saras

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Stasiun Meteorologi Betoambari Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memperingatkan peluang terjadinya gelombang tinggi pada tanggal 18 Januari hingga 21 Januri 2021. Itu dikarenakan pola angin yang umumnya dari Barat Daya sampai Barat Laut dengan kecepatan 2-25 knot, dimana kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Laut Banda timur bagian selatan, perairan Baubau dan Wakatobi.

F4.1a Forecaster Stasiun Meteorologi Baubau Saras
Forecaster Stasiun Meteorologi Baubau, Saras

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Baubau melalui Forecaster Stasiun Meteorologi Baubau, Saras saat di temui media, Rabu (20/01).

” Untuk tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter hingga 2,5 meter itu berpeluang terjadi di daerah laut banda timur sulawesi tenggara bagian timur, laut banda timur sulawesi tenggara bagian barat, laut banda timur sulawesi tenggara bagian selatan, perairan baubau bagian utara, perairan baubau bagian selatan, serta perairan utara wakatobi bagian barat dan bagian timur, juga perairan selatan wakatobi bagian barat dan timur,” terangnya.

Dikatakan, menjadi perhatian penting bagi semua pihak akan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran antara lain, perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1,5 meter dan untuk kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sementara untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar beresiko melakukan pelayaran apa bila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4 meter.

F4.1b Ilustrasi Gelombang Tinggi
Ilustrasi Gelombang Tinggi

” Untuk masyarakat dimohon yang tinggal dan beraktifitas di pesisir disekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu tetap waspada,” ungkapnya.

baca juga: Awal Tahun 2021 SDN Baadia Laksanakan Pembelajaran Daring dan Luring

Ia menambahkan, untuk peringatan dini cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya di wilayah pulau Buton pada malam tanggal 22 Januari 2021 berpotensi terjadi Tunderstrom (guntur-red), sementara untuk wilayah selatan Pulau Buton berpotensi terjadinya hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *