F4.3 Kapus Lakologou Azafudin SKM kanan bersama tim saat melakukan fogging di wilayah Kelurahan Lakologou Kapus Lakologou, Azafudin, SKM (kanan) bersama tim saat melakukan fogging di wilayah Kelurahan Lakologou

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Basmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerjanya, Puskesmas melakukan fogging guna membasmi nyamuk dewasan dan jentiknya. Penyakit DBD sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti betina.

F4.3 Kapus Lakologou Azafudin SKM kanan bersama tim saat melakukan fogging di wilayah Kelurahan Lakologou
Kapus Lakologou, Azafudin, SKM (kanan) bersama tim saat melakukan fogging di wilayah Kelurahan Lakologou

Kepala Puskesmas (Kapus) Lakologou, Azafudin, SKM., Saat ditemui media Baubau Post beberapa waktu lalu mengatakan,pada awal bulan Januari terdapat dua kasus DBD di Kelurahan Lakologou, sehingga dengan sigap pihak Puskesmas turun untuk dilakukan fogging.

” Kami sudah turun fogging dan sekarang teman-teman tengah turun di lapangan lagi untuk membagikan bubuk Abate untuk mencegah DBD,” kata Azafudin

Dikatakan, wilayah Kelurahan Lakologou tiap awal tahun terdapat kasus DBD, olehnya itu disetiap kegiatan pihaknya terus memberikan edukasi dan informasi tentang cara pencegahan penyakit DBD.

Menurutnya, salah satu penyebabnya adanya kasus DBD di wilayah Kelurahan Lakologou dikarenakan kondisi saluran got yang masih kurang bagus, olehnya itu melalui kegaiatan Musrembang kelurahan beberapa waktu lalu, ia mengusulkan terhadap saluran got yang masih tersumbat.

” Kami juga sering menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di saluran drainase yang dapat mengakibatkan got tersumbat dan munculnya genangan air,” terangnya.

baca juga: BPBD Baubau Imbau Masyarakat Pesisir Waspada Gelombang Tinggi

Pada musim penghujan ini, Azafudin menghimbau agar masyarakat terus menerapkan pola hidup bersih, menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk. Tak lupa ia terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *