F01.4 RSUD Busel yang akan segera difungsikan tahun 2022RSUD Busel yang akan segera difungsikan tahun 2022

Laporan: Amirul

BATAUGA,BP-Bupati Buton Selatan (Busel) H. La Ode Arusani menaruh perhatian serius terhadapat pembangunan Infrastrutur di daerah. Terlebih pada sejumlah kegiatan yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah.

Khusus pembangunan rumah sakit, Arusani menilai mengapresiasi karena sejumlah bangunan sudah tampak berdiri.

F01.4 RSUD Busel yang akan segera difungsikan tahun 2022
RSUD Busel yang akan segera difungsikan tahun 2022

Ketua DPC PDI Busel ini yakin pembanguna rumah sakit ini akan rampung akhir 2021
“Insah Allah Desemer nantu sudah bisa rampung,” tukasnya
RSUD Kabupaten Buton Selatan yang dibangun di atas tanah sluas 3,5 hektar terdiri dari 32 uniy bangunan yang memadai dan megah.

Pembangunan RSUD ini paling megah, bisa menjadi ikon baru Kabupaten Buton Selatan.
Bukan hanya itu, apalagi layananaya kesehatan itu sanat urgen dan vital dan memungkinkan dari semua wilayah bisa dilayani jika fasilitas gedung, tenaga kesehatan dan peralatan kesehatannya lengkap. Pemkab berupaya akan melengkapi seluruh fasilitas kesehatan sehingga bisa bersainh dengan RSUD didaerah terdekatya, bahkan menjadi rujukan.

Direktur RSUD Busel, dr Frederik T. Allo Sp.B menambhakan RSUD Busel telah ditunjamg tenaga sumber daya manusia yang memadai diantaranya dokter spesialis lima orang, dokter umum delapan orang dan tenaga kesehatan yang lain berupa bidan, perawat, analis, dan tenaga lainnya.

Dikatakannya bangunan awal yang menjadi pondasi peletakan batu pertama itu merupakan dedung rawat inap. Kata dr. Frederik T. Allo S.p.B rumah sakit ini dibangun dengan anggaran Rp 85 miliar.
Anggaran bersumber dari DAK sebesar 15 miliar dan pinjaman daerah sebesar Rp 70 mikiat.

Dr Frederik menyampaikan RSUD Busel ini direncanakan dibangun sebanyak 30 unit. Dibangun dalam empat zona , masing-masing zona publik, semi publik, pivat dan zona servis.
” Dibelakang juga ajan dibangun dokter spesialis dan perawat,” katanya. Saat ini pelayanan pasien dengan kelas tipe D. Dengan terbangunnya rumahbsakit tipe C. Ini maka akan berimbas pada implikasi pelayanan yang akan lebih profesional.

baca juga: Pemkab Busel Keempat Kalinya Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

” Direncanakan RSUD nanti masuk klarifikasi tipe C setara tipe C,” katanya
Pembangunan direncanakan rampung juni 2021. Rumah sakit diupayakan sudah melayani masyarakat awal 2022.(**)