F01.3

Peliput : Kasrun

BURANGA, BP – Pendakian di Desa Bubu Barat, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara yang sementara dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Provinsi Sultra kini menjadi rusak parah.

Pasalnya, pendakian yang diperbaiki tersebut menghasilkan lumpur, sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Jalan tersebut, menghubungkan kabupaten Buton Utara, Buton dan Kota Baubau.

F01.3

Kondisi Pendakian di desa Bubu Barat sangat memprihatinkan apalagi dengan guyuran hujan yang deras mengakibatkan, jalan di pendakian tersebut semakin licin, sehingga sulit untuk dilewati.

Diketahui, pelaksana peningkatan jalan tersebut CV. Harapan Tunggal Mobaa.
Lumpur yang pulut dan licin, membuat para pengendara roda empat harus bermalam dijalan tersebut. Bahkan, pada senin malam puluhan kendaraan yang tertahan di jalan rusak tersebut.

“Dari jam 2 kemarin (Senin) sampai sekarang pukul 8 pagi ini (Selasa). Empat hari yang lalu kondisi jalan ini sangat parah juga. Belum ada tindakan dari para pekerja (CV. Harapan Tunggal Mobaa). Baru sekarang mereka datang kita sudah kelaparan disini”, kata Warga yang enggang dipublis namanya, saat diwawancarai awak media ini di lokasi, Selasa, (09/08/2022).

Mobil yang tertanam di pendakian desa Bubu Barat, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara

Dia juga meminta, kontraktor yang menangani jalan tersebut agar mengambil langkah yang serius untuk memperbaiki jalan itu, sehingga bisa dilewati. Yang paling penting kata dia, harus menggunakan timbunan yang berkualitas. “Ditimbun kah, yang penting bisa dilewat dulu”, tuturnya.

Saat dikonfirmasi CV. Harapan Tunggal Mobba melalui pengawas pekerja jalan tersebut, Sam mengakatakan, mereka akan menimbun jalan tersebut menggunakan batu.

“Kita akan timbukan batu”, singkatnya, saat ditemui di lokasi, Selasa (09/08/2022).

baca juga: Lepas Peserta Kafilah MTQ Tingkat Provinsi Sultra, Wabup Butur : Tampilkan Yang Terbaik Untuk Kabupaten Buton Utara

Pantau media ini, banyak kendaran yang antri di jalan itu. Bahkan kendaraan roda dua maupun roda empat masih sulit untuk melewati jalan tersebut. Saat ini Ekcapator sementara melakukan perbaikan jalan tersebut.(**)