F01.6 1

Pewarta Alyakin

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau harap peran bank yang beroperasi diwilayah negeri khalifatul khamis dapat membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan modal. Misalnya pihak bank dapat memberikan kredit sesuai jenis usahanya.

F01.6 1
Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

“Kita berharap, BRI bersama bank lain tentunya akan terus menjadi dinamisator pertumbuhan perekonomian,” kata Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse ketika memberikan sambutannya pada kegiatan panen hadiah simpedes yang diselenggarakan di pantai kamali, Sabtu malam (24/09/2022).

Politikus PDI-Perjuaangan ini menyampaikan, kurang lebih 7000 UMKM mestinya menjadi perhatian pemerintah serta perbankan, khususnya BRI, sebab UMKM dapat penompang pertumbuhan perekonomian di Kota Baubau.

“UMKM, dari sekian masalah yang mereka hadapi, sangat tergantung dari jenis usahanya, tapi kelihatannya ada satu masalah yang semuanya, kalau dari 1000 yang saya tanya. 900 orang mengatakan bahwa persoalan kami untuk tumbuh berkembang dan bertahan hidup adalah modal,” ujarnya.

UMKM bisa penompang perekonomian. Kata dia, Hal itu ini sudah teruji sejak tahun tahun 1998, dimana saat ekonomi krisis di Indonesia, UMKM bangkit, menjadi garda terdepan untuk memicu pertumbuhan perekonomian kembali pulih.

Dan kembali diuji, lanjut dia, pada Covid-19 kemarin, perekonomian Indonesia juga cukup jatuh tetapi adanya UMKM perekonomian kembali pulih pada angka positif.

Olehnya itu, kebijakan layanan UMKM di BRI selalu dipertahankan dan terus dijaga, sehingga peran-peran BRI juga membantu pemerintah daerah. Dalam stimulan pertumbuhan perekonomian di Baubau.

“Bank-bank lain juga pasti, tapi kelihatannya BRI selama ini, BRI dengan jargon melayani dengan sepenuh hati akan selalu hadir di hati masyarakat kota Baubau,” katanya.

Menurutnya, tabungan masyarakat juga dapat mendukung perekonomian di kota Baubau, sehingga malalui lembaga keuangan, mengumpulkan kekuatan modal melalui prodak tabungan, kemudian akan disalurkan melalui pinjaman atau kredit.

“Inilah yang menghubungkan kepentingan pemerintah untuk mensejaterahkan masyarakatnya, melalui tangan – tangan BRI. dan kami juga berharap angka kredit untuk di kota Baubau semakin banyak, dan masyarakat bisa memanfaatkan prodak BRI,” tandasnya.

baca juga: BRI Cabang Baubau Bagi-Bagi Hadiah Kepada Nasabahnya di Pantai Kamali

Informasi yang dihimpun media ini, pelaku UMKN yang beroperasi diwilayah kepemimpinan La Ode Ahmad Monianse, bila membutuhkan modal atau kredit dana KUR di bank, Baik Itu BCA, BRI, Mandiri dan BNI. Pelaku usaha harus menjaminkan harta milik bendanya, mulai dari BPKB motor, mobil, sertifikat tanah, dan sertifikat tanah bangunan agar pinjaman modal usaha dapat dicairkan.(*)