Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan BudayaWakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya

BAUBAU, BP – Masyarakat kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pesta adat Busiana Liwu. Tradisi ini selalu diselenggarakan secara turun-temurun setiap tahunnya sebelum para petani menanam. “Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya.”

Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi yang di wakili Plh Sekertaris Daerah (Sekda) Baubau, La Ode Aswad bersama sejumlah para OPD ikut menghadiri acara ini, serta mendukung pelestarian adat tradisi yang di gelar di Baruga Kaisabu Baru. Sabtu (14/10/2023).

Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya
Wakili Pj Walikota Baubau Hadiri Pesta Adat Busiana Liwu di Kaisabu Baru, Plh Sekda La Ode Aswad Ingin Generasi Muda Pertahankan Budaya

Dikonfirmasi Media ini usai mengikuti pesta adat Busiana Liwu, La Ode Aswad mengapresiasi masyarakat Kaisabu Baru yang telah melestarikan adat, budaya sebagai peninggalan orang tua terdahulu.

“Nah, itu konsisten dengan tugas kewenangan Kabupaten/ Kota di bidang kebudayaan, salah satunya melestarikan budaya, Inilah wujudnya,” katanya.

Adat-istiadat yang sudah berjalan ini sepatutnya menjadi aset budaya daerah yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Pasalnya, Daerah lain masih mencari apa yang dilestarikan. Kaisabu Baru sudah punya, sehingga diharapkan pesta adat Busiana Liwu terus lestarikan oleh masyarakat dengan dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau serta peran toko adat, toko agama, toko masyarakat.

baca juga:

“Generasi muda mari kita mendukung, upaya baik orang tua kita, sehingga pesta adat Busiana Liwu terus dilaksanakan sampai kapan pun, oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kaisabu” katanya.

Sementara itu, Ketua lembaga adat, Arianto mengatakan, pesta adat Busiana Liwu telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat kaisabu baru dan masyarakat belum menanam bila orang tua kampung belum belaytaku.

“Masyarakat percaya, bila selesai pesta adat Busiana Liwu, Insyaallah hujan akan turun, masyarakat mulai menanam,” katanya.

Disamping itu, pada tahun 2014 lalu, kegiatan pesta adat Busiana Liwu kaisabu baru dirangkaikan dengan HUT Kota Baubau. Namun Karena adanya covid 19 sehingga OPD terkait tidak menganggarkan kegiatan pesta adat.

“Anggaran itu tidak melakat lagi di OPD, melainkan melekat pada dana kelurahan, Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan dengan baik,” kata Arianto yang juga menjabat sebagai lurah Kaisabu baru.

Dengan demikian, pihaknya berharap semoga Pesta adat Busiana Liwu di kaisabu baru terus dipertahankan oleh generasi muda serta para toko adat, toko agama serta Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

“Kami berharap generasi muda terus mempertahankan adat istiadat, Busiana Liwu sebagai peninggalan orang tua leluhur, pada zaman dahulu,” tutup.

Drs La Ode Aswad bersama rombongan yang tibah di baruga Kaisabu Baru disambut dengan Tari Mangaru, dan saat menyantap makanan yang telah disediakan, para tamu dihibur dengan musik tradisional serta Tari Linda.(*)

Berita Lainnya:

BAUBAU, BP-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, Sp, M.Si saat membuka Baubau expo yang dirangkaikan dengan festival UMKM dalam rangka Haroana Baubau tahun 2023 Rabu malam (11/10/2023) mengungkapkan, akan mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Baubau untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kota Baubau.”Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal.”

Apalagi, produk Baubau selain memiliki nilai kualitas yang mampu bersaing juga memiliki nilai-nilai peradaban, yang tertanam sudah 482 tahun, sehingga sudah seharusnya bangga dengan produk lokal Baubau sebab kualitas tidak kalah dengan produk-produk import.

Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal
Buka Pameran Baubau Ekspo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Rasman Manafi Dorong Masyarakat Gunakan dan Konsumsi Produk Lokal

Dr Muh Rasman Manafi memastikan, dalam pelaksanaan Haroana Baubau 2023 ini akan tetap menggunakaan produk lokal atau produk daerah yang dibanggakan dan festival UMKM selama seminggu ke depan dipastikan menggunakan produk lokal Baubau.
Dikatakan, Pemerintah Kota Baubau akan mendesain Kota Baubau, selain di desain untuk layaknya Kota juga ingin dorong menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif dan mengembangkan potensi lokal sehingga Kota Baubau dapat memiliki daya saing dengan daerah lain. “Mari kita sukseskan pelaksanaan Haroana Baubau selama 7 hari ke depan indikatornya tentu kita akan ukur hari ini dan tujuh hari ke depan. Saya seluruh warga Kota Baubau untuk bersatu padu bekerja bersama dengan komitmen dan kerja sama didukung dengan iinovasi dan kreativitas yang tinggi. Saya tahu persis bahwa inovasi dan kreativitas anak-anak Buton. Anak-anak Baubau itu sangat tinggi,”katanya.

UCAPAN SELAMAT

Ditambahkan, Baubau expo sebagai rangkaian perayaan Haroana Baubau sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan untuk mencapai target-target Pembangunan pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga diharapkan dapat menjadi rutinitas dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat di Kota Baubau. Kemudian, tentu tidak terlepas dari komitmen bersama untuk mengimplementasikan tiga dari delapan arahan Presiden RI dalam mengatasi kondisi daerah, pembangunan daerah di seluruh Indonesia diantaranya pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih kepada investasi termaksud kegiatan Haroana Baubau menjadi bagian dalam pengolahan investasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya lebih baik ke depan.

BACA JUGA:

Ribuan Anak Sekolah Sambut Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi yang Tiba di Baubau

Retribusi dari Sektor Destinasi Wisata Di Kota Baubau Meningkat dibanding Tahun 2022

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini produk-produk lokal , UMKM sudah mulai bangkit setelah Pandemi yang lalu hampir semua daerah di Indonesia mengalmi keterpurukan dan kekuatan UMKM inilah yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal yang tentunya akan bersinergi dengan wilayah-wilayah sekitar seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.
Sementara itu, usai membuka secara resmi Baubau expo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman, ST mengunjungi seluruh stand-stand peserta Baubau expo termasuk stand Dinas Kominfo Baubau.(*)