COVER, Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio Beberkan Capaian Pembangunan Sultra Padfa Musrembang Regional Sulawesi di Kota ManadoCOVER, Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio Beberkan Capaian Pembangunan Sultra Padfa Musrembang Regional Sulawesi di Kota Manado

e-Paper Koran Baubau Post Edisi 22 Januari 2024

Download e-Paper Koran Baubau Post Edisi 22 Januari 2024 Edisi 22 Januari 2024

 

baca e-Paper Koran Baubau Post Edisi 22 Januari 2024

01 8 rotated 02 8 rotated 03 8 rotated 04 8 rotated 05 8 rotated 06 8 rotated 07 8 rotated 08 8 rotated

baca juga:

Berita Lainnya:

Viral, Tante Tega Mutilasi Keponakan Berusia 8 Tahun Yang Kesetanan Merebut Emas sang Bocah di Boltim Sulawesi UtaraViral, Tante Tega Mutilasi Keponakan Berusia 8 Tahun Yang Kesetanan Merebut Emas sang Bocah di Boltim Sulawesi Utara

BOLTIM, BP-Seorang bocah jadi korban pembunuhan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut). Bocah tersebut ditemukan tewas di area perkebunan dengan kondisi badan dan kepala terpisah.
Ternyata, korban dimutilasi oleh tantenya sendiri. Adapun pelaku sudah berhasil ditangkap polisi dan ditetapkan sebagai tersangka. “Viral, Tante Tega Mutilasi Keponakan Berusia 8 Tahun Yang Kesetanan Merebut Emas sang Bocah di Boltim Sulawesi Utara.”
07 Pola NATARU

Peristiwa menggenaskan ini telah viral di media sosial dalam tiga hari terakhir yaitu sejak Kamis 18 Januari 2024, hari dimana peristiwa naas itu terjadi. Polisi yang bergerak cepat berhasil menangkap pelaku sorang wanita bernama Arnita Mamonto alias Aning (19) dan juga berhasil mengungkap motif dari pembunuhan terhadap bocah TAM (18) dimana jenazah korvban ditemukan warga di Desa Tutuyan III, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim, pada hari yang sama Kamis (18/1/2024).

Viral, Tante Tega Mutilasi Keponakan Berusia 8 Tahun Yang Kesetanan Merebut Emas sang Bocah di Boltim Sulawesi Utara
Viral, Tante Tega Mutilasi Keponakan Berusia 8 Tahun Yang Kesetanan Merebut Emas sang Bocah di Boltim Sulawesi Utara

Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi dalam konferensi pers mengungkapkan kronologisnya yaitu peristiwa berawal saat pelaku melihat korban bersama ibunya sedang berada di rumah neneknya yang tidak jauh dari rumah pelaku, Kamis (18/1/2024), sekitar pukul 10.30 Wita. Pelaku yang melihat perhiasan milik korban kemudian merencanakan pembunuhan dan perencenaan itu sebenarnya sudah direncenakan sejak tiga hari sebelumnya.

02 Pola SEMPAH PEMUDApsd

Lalu, lanjut Sugeng, pelaku Aning pergi ke rumah neneknya. Sesampainya di sana pelaku mengajak korban untuk pergi ke rumah pelaku. Saat korban di rumah pelaku, korban disuruh untuk menunggu karena pelaku akan menitipkan anak pelaku kepada perempuan Wira Mamonto yang adalah tante pelaku

Setelah menitipkan anaknya, pelaku kembali ke rumah dan mengajak korban untuk mengambil sayur. Pelaku juga sudah membawa sebilah pisau untuk menjalankan aksinya.

“Sekitar pukul 11.00 Wita, pelaku bersama korban berjalan kaki ke lorong baret, Desa Tutuyan III, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim. Dengan membawah sebilah pisau, pelaku dan korban melewati jalan belakang,” ujar Sugeng, Jumat (19/1/2024).

Saat di perjalanan, korban mengeluh capek sehingga meminta pelaku untuk menggendongnya. Pelaku pun menuruti permintaan korban dan membawanya ke lokasi tujuan.

“Kemudian pelaku menggendong korban, setelah sampai di tempat kejadian pelaku menurunkan korban dan mendorongnya sampai terjatuh tertelungkup di tanah kemudian pelaku menindih korban dari atas sehingga korban sudah tidak bisa bergerak,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Sugeng, pelaku menutup mulut korban dan menggorok leher korban dari arah kiri dan kanan sehingga terputus. Dan pelaku menjatuhkan kepala korban ke dalam selokan.

Setelah membunuh korban, pelaku berdiri dan mengambil perhiasan yang dipakai korban. Selanjutnya, pelaku mendorong badan korban ke selokan.

“Setelah itu pelaku berdiri dan mengambil perhiasan korban berupa, satu buah kalung, satu buah gelang, dan dua buah cincin. Setelah perhiasan emas diambil pelaku mendorong badan korban sehingga terjatuh ke dalam selokan,” ungkap Sugeng.

Pelaku kemudian membuang pisau yang digunakan untuk membunuh korban disekitar TKP lalu kembali ke rumahnya. Di rumah, pelaku bahkan sempat mandi dan salat, sedangkan baju yang dikenakan ditinggalkan di atas mesin cuci.

“Pelaku pergi ke rumah tantenya untuk menjemput anak balitanya. Pelaku pergi bersama anaknya untuk menjual emas di Desa Tutuyan II, Kecamatan Tutuyan Kabupaten Boltim dengan menggunakan bentor,” tandasnya.

Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi mengungkapkan pembunuhan itu sudah direncanakan pelaku. Pembunuhan dilakukan agar ia lebih mudah mengambil perhiasan emas milik korban tanpa diketahui orang lain.

AKBP Sugeng Setyo Budhi menyebut emas curian pelaku dijual di toko emas pada Kamis (18/1/2024). Berdasarkan keterangan saksi dari penjaga toko emas, perhiasan itu dijual pelaku dengan harga Rp 3.670.000.

baca juga:

“(Menurut saksi) ada seorang ibu berambut pirang tidak dikenal dengan membawa seorang anak balita laki-laki sekitar 12.30 Wita membawa kalung emas dan sudah dijual seharga Rp 3.670.000 dan sudah diantar dengan kendaraan bentor,” kata Sugeng.

Sugeng mengatakan uang tersebut digunakan pelaku untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Uang hasil penjualan emas curian itu dipakai membeli emas dengan berat 0,55 gram Rp 478 ribu dan handphone Rp 1,1 juta.

“Setelah itu pelaku pergi ke toko membeli popok, susu SGM, minuman, dan cokelat dengan total harga Rp 150 ribu setelah itu pelaku membayar bentor yang disewa seharga 20 ribu,” imbuh Sugeng.

Sementara itu, tambahan Kasat Reskrim AKP Denny Tampenawas saat konferensi pers di Mapolresta Boltim, Jumat (19/1/2024), Sampai saat ini tidak ada konflik antara pelaku dengan keluarga korban tapi memang atas dasar ekonomi dari pelaku ini

Denny mengatakan, pelaku memiliki gaya hidup hedonisme. Arnita gelap mata saat melihat perhiasan yang digunakan oleh korban.

“Pelaku suka untuk hidup Hedon sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup itu yang bersangkutan langsung mengambil kesimpulan seperti itu (membunuh dan mencuri perhiasan korban)” tambah Denny.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *