BANJARMASIN, BP– Wali Kota Baubau menjadi salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Anugerah itu diserahkan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari di halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (08/02) yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Jokowi.

Selain penyerahan anugerah kebudayaan untuk kepala daerah, dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 itu pula diserahkan anugerah Adinegoro kepada wartawan berprestasi di hadapan Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan sejumlah menteri.

Diwawancarai awak media, AS Tamrin merasa sangat bangga telah menerima penghargaan tersebut. Pasalnya dari sekian banyak kepala daerah di seluruh Indonesia, AS Tamrin menjadi salah satu yang beruntung.

“Kita diberikan penghargaan anugerah kebudayaan. Artinya potensi nilai luhur budaya daerah kita telah intens kita kembangkan,” kata Dr AS Tamrin usai menerima anugerah kebudayaan.

Wali kota dua periode ini mengucapkan terima kasih kepada PWI Pusat yang telah memberikan penghargaan tersebut. Tidak hanya prestasi sendiri, namun anugerah ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Kota Baubau. Olehnya, Ia menilai bila Kota Baubau pantas diberikan penghargaan itu.

“Selain kita ucapkan terima kasih, kita juga patut bersyukur atas penghargaan ini,” ujarnya.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini pun mengutip pernyataan Ketua Dewan Pers, M Nuh. Kata dia, segala sesuatu bila dilaksanakan dengan pendekatan budaya maka akan didapatkan titik temunya.

“Bila didekati dengan pendekatan politik maka hanya akan didapatkan perbedaan. Olehnya budaya ini sangat tepat dikembangkan untuk menciptakan suasana kondusif di daerah kita,” katanya.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, anugerah kebudayaan ini akan diselenggarakan setiap tahun. Ia menilai bila bangsa ini dibangun dengan budaya maka bangsa akan berbudaya.

“PWI mencintai budaya. Kami ingin menciptakan kebudayaan yang berkepribadian seperti yang diutarakan Soekarno. Kita harus bangun bangsa dengan pendekatan budaya,” katanya.

Selain AS Tamrin, kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan tersebut yakni Bupati Gunungkidul (DIY) Badingah, Wali kota Tangerang Selatan (Banten) Airin Rachmi Diany, Wali kota Banjarmasin (Kalsel) Ibnu Sina, Wali Kota Ambon (Maluku) Richard Louhenapessy, Bupati Tubaba (Lampung) Umar Ahmad, Bupati Halmahera Barat (Maluku Utara) Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai (Sumut) Soekirman, Bupati Luwu Utara (Sulsel) Indah Putri Indriani, dan Bupati Tabalong (Kalsel) Anang Syakhfiani.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest