– Adnan Tejo: Drainase yang Dibangun Gagal

Peliput: Heri Darmanto Editor : Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Sepertinya pembangunan drainase bukan solusi untuk mencegah wilayah Kota Baubau digenang banjir. Pasalnya, guyuran hujan yang terjadi sekitar dua jam Kamis, (01/12) hampir menenggelamkan kota Baubau.

Warga Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio, Adnan Tejo menyatakan pembangunan drainase yang sampai kini masih sementara berlangsung di Jalan Betoambari sama sekali tidak memberikan solusi. Pasalnya, guyuran hujan kemarin disejumlah titik jalan di seputaran Drainase yang sementara direhabilitasi tersebut benar-benar tenggelam, terkhusus di simpang empat SPBU Haji Baa.

“Saya ini dari Pengadilan Agama Baubau mau kembali kerumah di Bataraguru. Memang biasanya kalau hujan saya tidak berani lewat di perempatan SPBU Haji Baa itu, karena saya sudah tahu pasti tergenang lagi dengan air hujan. Nah hari ini sama sekali sedikitpun tidak khawatir lagi karena saya tahu kalau drainase sudah diperbaiki. Astaga, ternyata malah sebaliknya, justru tambah tenggelam,”urainya.

Adnan menilai, pembangunan Drainase di Jalan Betoambari sepanjang ratusan meter itu benar-benar gagal. Seharusnya kata dia, pada tahapan perencanaannya benar-benar dianalisa secara mantap agar tidak terkesan gagal dan dapat membawa nilai manfaat.

“Nah ini harus di tinjau ulang, sebenarnya apa yang salah dalam pembangunan drainase ini. Ini benar-benar serius karena itu menghabiskan uang daerah bukan rumput,”imbuhnya kemarin.

Hal senada diungkapkan, Armin warga yang tinggal disekitar SPBU H Baa kepada Baubau Post saat ditemui usai mengisi bensin mengatakan, sebelum di perbaiki jalan dekat SPBU ini banjirnya hanya sampai sebatas jalan. Namun setelah jalan dinaikan malah banjirnya sampai masuk di SPBU.

“Ini yang aneh, sebelum diperbaiki jalan ini banjirnya hanya sebatas jalan saja, tapi setelah selsai diperbaiki hujan sebentar saja malah banjirnya tambah besar,”katanya.

Amatan Koran ini, sejumlah titik di Jalan Betoambari benar-benar tergenang banjir. selain di Perempatan SPBU Haji Baa, termasuk di depan SMKN 1 Baubau. Selain di Jalan Betoambari, juga termasuk di Jalan Dokter Wahidin Sudirhusodo tepatnya Lorong PK termasuk sejumlah titik jalan lainnya. (#)

Warga Kota Baubau, Adnan menilai pembangunan Drainase yang kini dilakukan oleh Pemerintah Kota Baubau sepertinya tidak menuai hasil apa-apa alias gagal.

Pin It on Pinterest