Peliput : Amirul
BATAUGA,BP-Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Buton Selatan mencatat, bahwa baru 89 pemilih pemula yang tercatat mendapat surat keterangan resmi untuk bisa menyalurkan hak pilihnya ke TPS pada tanggal 15 Februari 2017

Kadis Discapilduk Busel, Nadir mengatakan dari 464 pemilih pemula yang terdata di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Busel baru 89 orang resmi mendapat surat keterangan dari Discapilduk untuk bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS.

“464 pemilih pemula ini adalah yang umurnya telah memasuki 17 tahun pada tanggal 6 Desember 2016 sampai 15 Ferbruari 2017,” ucap Nadir saat ditemui beberapa waktu lalu di rujab Bupati Busel.

Dikatakannya, dari sekian banyak itu, baru 89 orang saja yang telah melakukan pengurusan di discapilduk dengan melampirkan fotocopy ijazah, fotocopy kartu keluarga dan akte kelahiran.
” Data berkas itu yang diberikan oleh kepala desa dan yang kami minta dilengkapi dengan fotocopy ijazah,dan KK, akte kelahirannya. Terkait bagaimana agar surat keterangan ini tidak bisa diduplikasi, Diacapilduk menscan foto dan melampirkannya ke dalam surat keterangan itu, sehingga sulit diduplikasi,” tuturnya.

Memang ada dari beberapa pihak meminta agar dibuatkan barcode pada surat keterangan pemilih pemula itu, namun pihaknya belum bisa membuatnya. Hanya dengan menscan foto sekaligus dicetak didalam surat keterangan tersebut dan bukan dengan cara fotonya ditempel saja.

Surat keterangan untuk pemilih pemula itu, kata Nadir, hanya berlaku sampai tanggal 15 Februari saja, selebihnya tidak bisa digunakan
“Hanya digunakan untuk memilih saja, bukan untuk yang lain,” ucapnya.

Terkecuali mereka yang memang bukan pemilih pemula. Artinya, mereka yang melakukan pindah masuk dari daerah lain ke Busel, kehilangan e-KTP dan memang baru melakukan perekaman e-KTP. Mereka ini akan diberikan surat keterangan pengganti e-KTP setelah melalui beberapa tahapan meliputi l, Biocapture, Sent for on Rorel dan print ready record.

“Resmi diberikan surat keterangan pengganti e-KTP itu apabila mereka sudah merekam, dan itu ada tingkatannya, pertama itu disebut
biocapture artinya baru selesai melakukan perekaman. Sen for on rorel itu data hasil perekaman sementara dalam proses pengiriman dan sementara print ready record itu, sudah bisa dicetak. Jadi selesai tiga tahapan ini baru keluar surat keterangan pengganti e-KTP,” tuturnya

Ditambahkannya, surat keterangan e-KTP itu dapat digunakan bukan hanya untuk dihari H pemilihan, namun dapat digunakan untuk keperluan administrasi lain. misalnya pengurusan di perbankan, pengurusan BPJS dan lain sebagainya.
” Saat ini baru sekitar 800 surat pengganti e-KTP yang diluarkan oleh Discapilduk itu sudah termasuk mereka yang melakukan pindah masuk dari daerah lain ke Busel, ada yang kehilangan e-KTP dan lainnya,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest