Peliput: Alamsyah Pradipta – Editor: La Ode Adrian

MASTIM, BP – Mawasangka Timur adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Buton tengah, dan memiliki spot wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan memang, destinasi wisata di Kabupaten Buton Tengah tidak sedikit, serta pada tiap-tiap tempat wisata, jgua menawarkan keindahan dan kealamian yang masih terjaga.

Salah satunya Danau Pasibungi, yang memiliki panorama indah, serta menawarkan pamandangan bagus, dan sempurna untuk dilokasi bberfoto, atau hanya sekedar ingin mengabadikan momen tertentu bersama teman atau keluarga.

Selain itu, Danau Pasibungi juga merupakan danau terbesar yang ada di Sulawesi Tenggara, dimana danau ini memiliki memiliki panjang kurang lebih dua kilometer. Kemudian disepanjang tepi dana juga para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon mangrov yang ditanam berjejer sebagai dekorasi.

Untuk menuju Danau Pasibungi, pengunjung bisa menempuh dua jalur, yakni dengan melewati Desa Wantopi atau Desa Lamena. Jika pengunjung menempuh perjalanan dari Desa Wantopi, jarak tempuhnya lumayan dekat yang hanya sejauh 1 kilometer. Sedangkan jika melewati Desa Lamena, pengunjung akan menempuh perjalanan sejauh dua kilometer untuk mencapai Danau Pasibungi.

Bahkan, danau ini mempunyai keunikan tersendiri, dimana jika pengunjung melihat danau tersebut dari atas dengan menggunakan helikopter, maka akan nampak bahwa danau dengan luas kurang lebih dua kilometer itu berbentuk menyerupai hati, yang menyimbolkan kasih sayang.

Danau Pasibungi merupakan danau yang belum terjamah oleh masyarakat luas. sedangkan titik koordinat Danau Pasibungi terletak pada 05’22.285 LS (Lintang Selatan) dan 12.27.682 BT (Bujur Timur) dengan ketinggian sekitar 11 MDPL.(#)

Pin It on Pinterest