-Gelar Singkronisasi Bersama Intansi Vertikal

BAUBAU, BP- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar singkronisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama instansi vertikal di aula Kantor Walikota, Senin (09/12). Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni mengenai dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Sekretaris Daerah (Sekda) Roni Muhtar mengatakan, kegiatan ini untuk mencari solusi terkait pemanfaatan dana CSR untuk pembangunan daerah, agar ke depannya berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. CSR merupakan salah satu sumber dana yang dapat dimanfaatkan daerah selain Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Dana kita selama ini bersember dari DAU, DAK dan dana-dana lain dari pusat, ada juga yang sebenarnya sumber lain yakni CSR,” katanya kepada awak media.

Namun kata dia, untuk pemanfaatan dana CSR diperlukan peraturan daerah (Perda) agar pemanfaatannya lebih baik dan terkoordinir. Pihaknya juga masih menunggu persetujuan DPRD Kota Baubau terkait pembahasan Raperda dana CSR.

“Nah untuk itulah kemudian kita saat ini masih mempersiapkan perda yang sudah diajukan ke DPRD, agar pemanfaatan dana CSR itu bisa terkoordinir dengan baik dan sejalan dengan pemenuhan kepentingan daerah kita sesuai apa yang termuat RPJMD,” jelasnya.

Selain itu terkait kegiatan singkronisasi, Roni menjelaskan jika kegiatan tersebut untuk mensingkronkan kinerja Pemkot dan instansi vertikal di Kota Baubau.

“Jadi tujuannya adalah membangun singkronisasi dan koordinasi agar program-program yang dilakukan oleh intansi vertikal itu sejalan, selaras, singkron dengan apa yang dikerjakan Pemerintah Kota Baubau. Nah untuk itu butuh pemahaman bersama,” paparnya.

Sehingga kata dia, semua kinerja itu bersesuaian dengan visi misi Pemerintah Kota Baubau di bawah kepemimpinan Tampil Manis.

“Sudah selaras, hanya perlu kita tahu, dengan apa yang menjadi program pemerintah dengan pembangunan Kota Baubau sesuai dengan visi misi saat ini, yakni menjadikan Baubau maju, sejahtera dan berbudaya,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri instansi vertikal seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Baubau, BKIPM Baubau, Kejaksaan Negeri Baubau, Pengadilan Negeri Baubau, BMKG Stasiun Betoambari, Bandara Betoambari, Imigrasi Baubau, Kantor Kementerian Agama, hingga BUMN seperti Telkom, BPJS Kesehatan, serta perbankan di Kota Baubau. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest