Pembebasan Lahan Bandara Betoambari untuk Landasan Pacu Jadi Prioritas Kerja pj Walikota Baubau Dr Muh Rasman ManafiPembebasan Lahan Bandara Betoambari untuk Landasan Pacu Jadi Prioritas Kerja pj Walikota Baubau Dr Muh Rasman Manafi

BAUBAU, BP – Pembebasan lahan landasan pacu Bandara Betoambari Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024 menjadi program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Pasalnya, PJ Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi SP MSi tidak ingin mega proyek dari pemerintah pusat terhambat karena pembebasan lahan. “Pembebasan Lahan Bandara Betoambari untuk Landasan Pacu Jadi Prioritas Kerja pj Walikota Baubau Dr Muh Rasman Manafi,”

Pembebasan Lahan Bandara Betoambari untuk Landasan Pacu Jadi Prioritas Kerja pj Walikota Baubau Dr Muh Rasman Manafi
Pembebasan Lahan Bandara Betoambari untuk Landasan Pacu Jadi Prioritas Kerja pj Walikota Baubau Dr Muh Rasman Manafi

“Setuju saya itu, Ini menjadi atensi saya, inikan sudah menjadi program prioritas, sudah beberapa tahun.” ungkap Muh Rasman Manafi SP MSi ketika di temui Baubau Post usai melantik PJ Sekda Baubau di kantor Wali Kota Baubau, Selasa, (06/02/2024)

Untuk mewujudkannya, Rasman Manafi yang juga menjabat sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi telah melakukan koordinasi, lobi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau.

“Sebelum DRPD menyampaikan, saya sudah menjadikan atensi itu, bahkan saya sudah menyampaikan Ketua DPRD Kota Baubau waktu rapat paripurna kemarin,” kata Rasman Manafi.

Olehnya itu, Ketua Umum Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI) periode 2023-2028, Muh Rasman Manafi akan melakukan evaluasi dan memanggil Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Baubau, Sitti Amalia Abibu terkait pembebasan lahan pacu Bandara Betoambari.

“Terus pembebasan lahannya sudah ada, saya pingin evaluasi, pembebasannya sudah sesuai rencana tidak, atau ada pelanggaran tidak, atau ada diluar rencana tidak. Saya akan meminta Dinas terkait yang menangani itu, sebentar saya konfirmasi untuk menyiapkan bahan teknis, saya pingin tau kesiapan bandara ini seperti apa, pembebasan lahan yang kemarin,” katanya.

Pembebasan lahan landasan pacu bandara betoambari kota baubau bila terdapat masalah, pihaknya akan melakukan perbaikan- perbaikan, sehingga mega proyek di Bandara Betoambari dengan anggaran sekitar Rp 80 miliar dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat terlaksana.

baca juga:

“Kalau ada masalah, tentu kita adakan perbaikan. Besaran anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahan bandara saya tidak hafal, detail itu, tapi itu menjadi progam prioritas,” tutupnya.

Diketahui, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Betoambari Baubau, Anas Labakara berharap Pemkot Baubau dapat membebaskan lahan paling lambat bulan Mei 2024 sebab Kemenhub mensupport pengembangan Bandara Betoambari dengan meluncurkan anggaran sekitar Rp 80 miliar

“Kalau lahannya tidak ready, pasti kita dalam membangun terhambat. Jadi kita fokus dulu pada lahan yang sudah bebas, dan yang belum bebas ini kami harapkan ada solusi untuk bisa dibebaskan lebih cepat,” kata Anas, Selasa (30/1/2024). (*)

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si kembali melantik Saido Bonsai, S.Sos, M.Si sebagai Pj Sekda Kota Baubau. pelantikan tersebut berlangsung khidmat, tertib di aula kantor Wali Kota Baubau, Senin (06/02/2024). “Saido Bonsai Kembali Jadi Pj Sekda Baubau Usai Dilantik Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi.”

Saido Bonsai Kembali Jadi Pj Sekda Baubau Usai Dilantik Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi
Saido Bonsai Kembali Jadi Pj Sekda Baubau Usai Dilantik Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi

Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi mengatakan, pelantikan PJ Sekda Baubau sesuai Surat Keputusan SK PJ Gubernur Sultra, Komjen Pol. (purn) Andap Budhi Revianto. Pelantikan PJ Sekda diperlukan untuk mengisi kekosongan jabatan.

“Saido Bonsai kembali ditunjuk menjadi PJ Sekda Kota baubau, Disamping tugas jabatan definitifnya sebagai Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).” kata Muh Rasman Manafi dalam sambutannya usai melantik PJ Sekda Baubau.

Meskipun bersifat sementara, kata dia, Pj Sekda baubau memiliki kewenangan selayaknya Sekda definitif. Olehnya itu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada bapak PJ Gubernur Sultra, Komjen Pol. (purn) Andap Budhi Revianto atas kepercayaan yang diberikan kepada Saido Bonsai sebagai PJ sekda Baubau.

“Selamat kepada saudara Saido Bonsai yang menjabat sebagai PJ sekda Baubau yang kedua kalinya.” katanya.

Disamping itu, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau Muh. Massad SE MSi yang telah menjalankan amanah Pelaksa Harian (Plh) Sekda Baubau dengan efektif, responsif dan melangkah lebih cepat.

baca juga:

“tentu, program yang telah dilaksanakan Plh Sekda, yang baru tadi saya dengarkan, masih beberapa OPD belum menyelesaikan batas waktunya hari ini, sehingga ini menjadi tugas yang harus dilanjutkan,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya mempercayai PJ Sekda, Saido Bonsai dengan pengalaman menjabat selama tiga bulan, waktu yang cukup singkat, namun beliau telah berhasil menjalankan tugas, utamanya mengkoordinir pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan penyusunan APBD tahun 2024 yang didalamnya mengawal beberapa program strategis yakni delapan program daerah.

“Kami percaya saudara sosok yang mumpuni untuk kembali menjalankan amanah, dengan masa transisi sebaik-baiknya, sesuai ketentuan yang berlaku serta beberapa program prioritas yang harus diselesaikan.” tutup.(*)

Berita Lainnya:

Jadi Irup Pada Perkemahan Eksekutif, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Pramuka Peduli pada Stunting, Inflasi dan Kemiskinan EsktremJadi Irup Pada Perkemahan Eksekutif, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Pramuka Peduli pada Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Esktrem

BAUBAU, BP-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat membuka perkemahan eksekutif di bumi perkemahan Samparona Kelurahan Kaisabu Baru Kecamatan Sorawolio Jumat (22/12/2023) mengatakan, upaya untuk mengembangkan diri baik sebagai subyek maupun obyek pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota Gerakan pramuka adalah suatu kewajiban. “Jadi Irup Pada Perkemahan Eksekutif, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Pramuka Peduli pada Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Esktrem.”

Jadi Irup Pada Perkemahan Eksekutif, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Pramuka Peduli pada Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Esktrem
Jadi Irup Pada Perkemahan Eksekutif, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Minta Pramuka Peduli pada Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Esktrem

Program kemah eksekutif dimaksudkan untuk lebih memberikan arah kepada anggota Gerakan Pramuka agar lebih peduli terhadap Lingkungan masyarakat yang pada saat ini sedang mengalami berbagai perubahan seperti meningkatnya angka stunting, kemiskinan ekstrim, peningkatan angka inflasi dan sebagainya.
Oleh sebab itu, perlu upaya-upaya kerja sama antara Pemkot Baubau dan pramuka untuk bersatu padu menurunkan angka kemiskinan, stunting serta inflasi. “Tagline yang selalu saya sampaikan bekerja bersama ini adalah wujudnya. Salah satunya dengan sinergitas antara pramuka dan Pemkot Baubau,”tegasnya.

c
Menurut Dr Muh Rasman Manafi, penajaman terhadap tujuan dan sasaran Program Pramuka peduli bagi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, pramuka penegak dan Pramuka Pandega serta pembina pramuka yang ada di gugus depan sebagai pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan diharapkan akan dapat membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan kepedulian yang dilaksanakan bersama masyarakat, pemerintah serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

baca juga:

“Saya mengutip kata Sun Tzu “Taktik anda seharusnya bervariasi sesuai keadaan dan berubah sesuai kondisi, medan perang itu seperti air yang beradaptasi terhadap permukaan berbentuk apapun saat mengalir dipermukaan tersebut. Pesan saya kepada kakak-kakak dan adik-adik peserta perkemahan eksekutif jadilah seperti air yang punya sifat adaptasi tersebut. Orang yang sukses bukan karena jabatannya, bukan juga karena kepintarannya, tapi orang punya jiwa adaptasi yang baik dimanapun dia berada,”tegasnya.(*)