• Ikut Prihatin, La Ode Ahmad Monianse Terjun Langsung di Tempat Kejadian

BAUBAU, BP- Sejumlah Tempat Usaha dan rumah warga di bilangan jalan menuju Jembatan Batu hangus terbakar di lahap si jago merah. Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse yang terjun langsung di tempat kejadian saat peristiwa itu terjadi mengatakan data awal yang diterimanya ada delapan kios yang berada tepat di depan jalan utama dan dibagian belakang ada sekitar delapan hingga 10 rumah milik warga.

16-18 Bangunan terdiri dari tempat usaha dan rumah warga di Kelurana Wale Yang hangus terbakar Foto IST

Petugas pemadam kebakaran bersama warga baru bisa menjinakan api setengah jam lamanmya. Meskipun api sudah padam namun tidak sekitnya ada 16 hingga 18 bangunan yang hangus terbakar.

“Jadi data sementara yang kami dapatkan totalnya ada sekitar 16 hingga 18 kios dan rumah yang terbakar. Untuk nilai kerugian ada pihak kelurahan yang masih sementara mendata. Mewakili Pemkot Baubau pihaknya ikut prihatin atas kejadian itu,” katanya, ketika ditemui di lokasi kebakaran, Rabu (13/11).

La Ode Ahmad Monianse menuturkan pihak pemerintah khususnya dinas sosial juga diminta proaktif mendata warga yang rumah dan tempat usahanya terbakar, sehingga bantuan bisa segera disalurkan. Untuk permintaan warga yang rumahnya terbakar dan tempat usaha yang juga terbakar, lanjutnya, akan segera mendapatkan bantuan tenda penampung.

Salah satu warga yang tempat usahanya terbakar Pak Mansur menceritrakan detik-detik kebakaran terjadi yaitu dia dan beberapa warga lainnya mendengar ada letupan dari salah satu rumah makan yang juga ikut terbakar di lokasi itu. “Tidak lama kemudian api sudah membesar. Saya tidak tahu juga benda apa yang terdengar meletup,” ucapnya.

Dia pun menyebutkan selain tempat usaha hasil laut miliknya yang terbakar, ada rumah makan, tempat service elektronik, tempat usaha jual sembako dan beras, tempat usaha jual jambu mete dan gula kelapa, serta rumah warga yang ada dibelakang tempat usaha tersebut. Dia pun menaksir kerugian yang dialwami warga bisa mencapai Rp 1 miliar.

Meskipun begitu, pihak aparat keamanan serta aparat pemerintah kelurahan belum bisa menyebutkan atau memprediksi nilai kerugian yang dialami warga yang tempat usaha dan rumahnya terbakar di Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, karena mereka masih merampungkan data. beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Laporan: Ardi Toris

Pin It on Pinterest