Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau terus mempersiapkan rumah sehat terpusat yang terletak di kawasan perumahan BTN Palagimata. Rumah Susun ASN tersebut dipergunakan sementara untuk kepentingan penanganan Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman Sp.PD menyebut jika rumah sehat terpusat sudah hampir rampung. Fasilitas ini berfungsi sebagai buffer (penyanggah), jika terjadi kelebihan pasien Covid-19 di RSUD Kota Baubau.

“Tinggal menunggu satu dua hari peresmiannya mungkin,” katanya saat ditemui, Rabu (03/06).

Lebih lanjut dokter spesialis penyakit dalam ini menjelaskan, rumah sehat terpusat merupakan bagian dari strategi penanganan Covid-19 di Kota Baubau. Sebelum berjalan, protokolnya sudah harus dipersiapkan terlebih dahulu.

“Untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat, akan dibangunkan pagar yang tinggi, biar pasien di situ tidak berinteraksi dengan masyarakat setempat, jadi ada prtokol yang membatasi itu,” jelasnya.

Bahkan telah dibuatkan jalan baru di sekitar simpang lima Palagimata, sebagai akses untuk menuju ke rumah sehat terpusat. Sehingga tidak perlu melewati jalur di kawasan permukiman penduduk BTN Palagimata.

“Itu untuk keamanan semua juga,” tandasnya.

Rumah sehat terpusat akan dipergunakan untuk menampung Orang Dalam Pengawasan (ODP), pasien reaktif maupun pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala, atau yang biasa disebut Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sementara untuk daya tampungnya mencapai 192 orang, dengan estimasi setiap lantai bangunannya dapat menampung 48 orang.

“Jadi ratusan pasien yang dapat ditampung, karena itu ada empat lantai,” ujarnya. (**)

Pin It on Pinterest