BURANGA,BP- Kapolda Sultra Brigjen Pol Drs. Merdisyam M.Si meresmikan Polres Buton Utara, dan melantik Kapolres Butur AKBP. Wasis Santoso SIK, Rabu (15/01). Pelantikan tersebut di hadiri oleh Bupati Buton Utara Drs. H Abu Hasan M.Pd, dan jajaranya, Ketua DPRD Butur Diwan SPd dan anggotanya, Wakapolda Sultra Kombes Pol Rosyanto Yudha Hermawan, Kapolres Muna AKBP Debby Asry Nugroho, Kejari Muna dan sejumlah Anggota TNI.

Dalam sambutannya Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam, berterima kasih kepada Bupati Buton Utara beserta jajarannya dan masyarakat Buton Utara, yang telah memberikan bantuan dan dukungannya, sehingga Polres Buton Utara terbentuk dan bisa beropersional melayani masyarakat Butur.

“Saya selaku Kapolda Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih kepada Bupati Buton Utara beserta jajarannya berserta semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya sehingga Polres Buton Utara dapat segera operasional melayani masyarakat khususnya masyarakat Buton Utara,”ujarnya.

Dikatakan bahwa sejak terbentuknya Kabupaten Buton Utara berdasarkan Undang-undang nomor 14 tahun 2007, atau lebih tepatnya di usia yang ke-13 ini, Buton Utara resmi memiliki Polres Butur.

“13 Tahun setelah berdirinya Kabupaten Buton Utara baru di sahkan pembentukan Polres Buton Utara,”katanya.

Ia juga mengatakan, tujuan terbentuknya Polres Butur adalah guna melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Pembentukan Polres Buton Utara guna melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan menjamin keamanan masyarakat Buton Utara yang selama ini di bawah kendali Polres Muna,”jelasnya.

Ia berharap, dengan diresminkanya Polres Butur dapat di jadikan motivasi bagi para anggota personil Polres Butur dalam meningkatkan peran dan funginya dalam melayani masyarakat, khususnya masyarakat Buton Utara.

“Dapat di jadikan sebagai motivasi bagi para personil Polri Polres Buton Utara untuk lebih meningkatkan peran dan fungsinya sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sebagai alat negara penegak hukum serta sebagai pelindung dan pengayom dan pelayan masyarakat yang keberadaannya senantiasa diharapkan,”harapnya.

Selanjutnya, Jenderal Bintang satu ini berpesan enam hal kepada para personil Polres Buton Utara untuk dipedomani.
Adapun pesan Jenderal Bintang satu itu adalah sebagai berikut :
-Pertama jadikan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa sebagai landasan tugas kepolisian,
-Kedua pelihara dan jaga marwah kesatuan polres Butur dan polda Sultra serta polri pada umumnya baik dalam bertugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat,
-Ketiga keberadaan polres Buton Utara harus memberikan dampak yang positif bagi situasi kamtibmas dan bagi pembangunan daerah di wilayah Buton Utara,
-Keempat bangun solidaritas dan sunergitas dengan pemerintah daerah dengan TNI dan masyarakat guna menciptakan konduktifitas keamanan yang mendukung jalannya pembangunan nasional dan daerah,
-Kelima jaga dan pelihara sarana dan prasana kesatuan sehingga dapat berfungsi optimal dalam melayani masyarakat dan memiliki massa pakai yang panjang, dan
-Keenam jaga profesionalisme dan netralitas dalam pelaksanaan pilkada serentak di tahun 2020 di kabupaten buton utara sehingga akhirnya pilkada ini bisa terselengga dengan aman,damai,kondusif dan lancar.

Untuk di ketahui Polres Butur membawahi beberapa Polsek yaitu Polsek Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat dan Wakorumba.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest