WhatsApp Image 2022 09 03 at 19.49.34

Pewarta: Alyakin/Hengki TA

BAUBAU, BP – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin membara, aktif melakukan pemberdayaan serta pelatihan terhadap nasabah mekaar agar naik kelas. Sosialisasi ini diselenggarakan di salah satu gedung di kota Baubau, Jumat (02/09/2022).

F01.2

Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), peserta wanita ultra mikro diberikan pemahaman tentang pentingnya memiliki perijinan usaha dalam mendukung pemasaran. Karena itu, sebagai motor penggerak, PNM Baubau mendampingi nasabahnya agar legalitas usahanya terjamin bila memiliki NIB.

Tak hanya itu, nasabah PNM dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, dan peluang mendapatkan pelatihan, serta kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga.

“Alhamdulillah, kurang lebih 1000 nasabah sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB),” ungkap manager Supporting PNM Baubau, Siti Fatmah Takzim.

Disisi lain, PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK. Bahkan hingga 2 September 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp138,67 triliun kepada 12,59 juta nasabah yang tersebar diseluruh 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

Sementara itu, Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyatakan pemerintah Kota Baubau sangat mengapresiasi PT. PNM yang telah membantu para pelaku UMKM di Kota Baubau untuk mendapatkan NIB.

“Atas nama pemerintah Kota Baubau, kami sangat mengapresiasi kerja-kerja pendampingan yang dilakukan oleh PT.PNM terhadap pelaku UMKM di Kota Baubau. Olehnya itu, melalui kesempatan ini Pemerintah Kota Baubau memberikan penghargaan kepada PT. PNM sebagai bentuk komitmen kami dalam menumbuhkan eknomi di Kota Baubau” kata Monianse saat memberikan sambutannya.

WhatsApp Image 2022 09 03 at 19.49.34

Sekedar informasi tambahan, kegiatan ini berlangsung secara serentak yang terhubung secara virtual di beberapa daerah. Diantaranya, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kab Muna, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Wakatobi dengan total NIB yang terbit sebanyak 1.000 NIB.

baca juga: Kemendikbudristek RI Tetapkan SMKN 3 Baubau Menjadi Pusat Keunggulan Khusunya Jurusan Tata Boga

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Baubau, Kepala Dinas Investasi dan PTSP Kota Baubau,Suarmawati, pimpinan BRI Cabang, Fuad Faudzi Pemimpin PNM Cabang Baubau, M. Akbar Rifani, Ketua Forum UMKM, Hasrul Adan dan Fasilitator Rumah BUMN Baubau, Hery Susanto.(*)