F06.4 enazah pasien terkonfirmasi Covid 19 saat tiba di pemakaman keluarga dengan menggunakan mobil Ambulance bertempat di Desa Lelamo Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara. Jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, saat tiba di pemakaman keluarga dengan menggunakan mobil Ambulance, bertempat di Desa Lelamo Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara.

Laporan: Kasrun

BUTUR, BP– Panit Binmas Polsek Kulisusu Bripka Sumei Rubu melakukan pengamanan dan monitor kegiatan pemakaman jenazah pasien Covid-19 sesuai Protokol Covid-19 di Desa Lelamo Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara, Jumat (27/8/2021).

Diketahui bahwa pasien terkonfirmasi terpapar Covid-19 berinisial M (35) berjenis kelamin perempuan ini merupakan warga Desa Lelamo Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara.

F06.4 enazah pasien terkonfirmasi Covid 19 saat tiba di pemakaman keluarga dengan menggunakan mobil Ambulance bertempat di Desa Lelamo Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara.
Jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, saat tiba di pemakaman keluarga dengan menggunakan mobil Ambulance, bertempat di Desa Lelamo Kec. Kulisusu Utara Kab. Buton Utara.

Sebelum meninggal, jenazah sempat menjalani perawatan di RSUD Kab. Buton Utara sejak hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021 karena penyakit Anemia, kemudian langsung dilakukan tes swab antigen dan hasilnya reaktif atau positif corona atau Covid-19, kemudian pada hari Jumat tanggal 27 Agustus 2021 sekitar pukul 11.00 wita, pasien sempat pulang ke rumahnya karena keadaannya dianggap sudah membaik, setelah beberapa jam kemudian, kondisi pasien kembali kritis, sehingga pada sekitar pukul 12.30 wita dibawa kembali ke RSUD Kab. Buton Utara, dan akhirnya pada pukul 14.00 wita dinyatakan meninggal dunia.

Panit Binmas Polsek Kulisusu menjelaskan bahwa, “Sebelum dimakamkan, jenazah terlebih dahulu dilaksanakan proses pemulasaran secara protokol Covid-19 di RSUD Kab. Buton Utara dan kemudian pada sekitar pukul 17.30 wita, jenazah dibawa menggunakan mobil Ambulance ke pemakaman keluarga di Desa Lelamo Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara dan dilaksanakan pemakaman sesuai protokol Covid-19.” Ungkap Bripka Sumei Rubu, sebagaimana dirilis dalama tribratanes Butur.

Kegiatan pemakaman yang dilakukan oleh Tim Pemulasaran Jenazah Satgas Covid-19 Kab. Buton Utara, merupakan SOP yang telah ditetapkan oleh Pemerintah terhadap pasien yang meninggal dunia akibat dari terpapar atau terkonfirmasi Covid-19.

Kapolsek Kulisusu Kompol Yusuf Ruru Tato menjelaskan bahwa “Pengamanan pemakaman jenazah pasien sesuai Protokol Covid-19 ini untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas agar prosesi pemakaman berjalan lancar tanpa ada penolakan dari keluarga dan warga masyarakat.” Ungkapnya.

baca juga: Pejabat Butur Yang Berpretasi Akan Diberi Penghargaan

Pemakaman Jenazah berakhir pada sekitar pukul 19.00 wita dan selama giat berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.(*)

Comments are closed.