F03.2

KLENDARI, BP-Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke 192 Kota Kendari, Jumat (12/5/2023).

Pada upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Kendari, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si, mewakili Menteri Dalam Negeri meresmikan penggunaan kantor Balai Kota Kendari.

F03.2

Dalam pidato Menteri Dalam Negeri yang dibacakan inspektur upacara, memberikan apresiasi pada kinerja Pj Wali Kota Kendari di antaranya, indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Kendari yang berada pada posisi empat nasional diangka 84,51 poin.

“Hal ini didukung oleh program SD, SMP yang diberikan support oleh wali kota dengan program-program bantuan yang tepat sasaran, khususnya bagi anak-anak kurang mampu,” ungkapnya.

Angka kemiskinan 4,57 persen yang berada di bawah angka nasional 7,53 persen, penghargaan Adipura yang ke 11 kali, opini WTP sebanyak 9 kali berturut-turut.

Dari aspek pengelolaan APBD menurutnya Kota Kendari secara konsisten dan komitmen mengalokasikan anggaran untuk rakyat hal ini terlihat dari porsi anggaran (Mandatory spending) dari sektor kesehatan sebesar 22,25 persen, infrastruktur 44 persen.

“Saya harap pemenuhan anggaran tersebut berbanding lurus dengan kualitas belanja yang digunakan, jangan sampai anggaran tersebut malah bocor dan tidak dinikmati oleh masyarakat,” tegasnya.

Meskipun memberikan apresiasi, namun kata dia sejumlah tantangan masih harus dihadapi pemerintah Kota Kendari seperti laju pertumbuhan ekonomi masih di bawah angka nasional, pengendalian inflasi yang belum optimal di bulan April angka inflasi sebesar 5,51 persen di atas inflasi nasional sebesar 4,33 persen, meskipun angka itu berpengaruh besar terhadap angka transportasi udara yang mahal.

Angka pengangguran terbuka sebesar 5,23 persen di bawah target RPJMN sebesar 2,5 persen. Angka stunting sebesar 19,5 persen masih harus ditekan hingga 14 persen di tahun 2024.

Di akhir pidatonya, Menteri Dalam Negeri juga mengingatkan kembali pesan Presiden RI di antaranya, pengurangan angka kemiskinan dengan pemberian bantuan, program padat karya dan kemudahan mengakses UMKM. Kemudian, penurunan angka stunting dengan mengaktifkan posyandu dan puskesmas, memaksimalkan pengelolaan APBD agar dibelanjakan untuk produk-produk buatan dalam negeri. Selanjutnya menyusun rencana induk kota dan penajaman visi misi yang dapat menunjukkan keunikan dan keunggulan setiap daerah. Dan menjaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pemilu tahun 2024.

Dalam upacara itu, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri menyerahkan piagam penghargaan Satya lencana karya satya pada 3 ASN Kota Kendari karena pengabdiannya selama 10, 20 dan 30 tahun.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tenggara yang hadir juga menyerahkan bantuan hibah pada 44 masjid dan bangunan lain di Kota Kendari dengan anggaran sekira Rp 3,1 miliar.

HUT Kota Kendari ditutup dengan penyerahan hak kekayaan intelektual suku Tolaki dari Kementerian Hukum dan HAM pada Ketua Lembaga Adat Tolaki.

baca juga: Ali Mazi Hadiri Upacara HUT ke 192 Kota Kendari

Peringatan HUT ke 192 Kota Kendari dihadiri para kepala daerah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, Anggota DPR dan DPD RI perwakilan Sulawesi Tenggara dan mantan wali kota dan wakil wali kota serta sekretaris daerah Kota Kendari, Kepala OPD Pemda Sultra dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari serta para kepala OPD camat dan lurah se Kota Kendari.(*)